Ada LRT Jabodebek, dari Bekasi ke Dukuh Atas Duduk Manis 40 Menit

ADVERTISEMENT

Ada LRT Jabodebek, dari Bekasi ke Dukuh Atas Duduk Manis 40 Menit

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 17 Jan 2023 16:25 WIB
Jakarta -

Warga Bekasi hingga Depok mulai bisa merasakan layanan LRT Jabodebek mulai Juli mendatang. Dengan adanya LRT Jabodebek bakal memangkas waktu untuk menuju tengah kota Jakarta.

Public Relation LRT Jabodebek Kuswardojo menjelaskan dari Stasiun Harjamukti di Cibubur menuju ke tengah kota waktu tempuhnya cuma 37 menit. Sementara dari Stasiun Jatimulya yang merupakan stasiun paling ujung di Bekasi untuk menuju tengah kota hanya butuh waktu 40 menit.

Stasiun Dukuh Atas di kawasan Sudirman menjadi pemberhentian terakhir LRT Jabodebek yang langsung terintegrasi dengan tengah kota Jakarta.

"Kalau dari Harjamukti ke Cibubur sampai Dukuh Atas itu sekitar 24,3 km waktunya cuma 37 menit. Sementara Dukuh Atas ke Jatimulya Bekasi akan memakan waktu 40 menit jaraknya 27,3 km," kata Kuswardojo ketika ditemui di Depo LRT Jabodebek Bekasi, Jawa Barat, Selasa (17/1/2023).

Headway alias waktu tunggunya akan diset menjadi 4 menit di jalur Stasiun Dukuh Atas - Cawang. Lalu, headway akan berada di 8 menit di Stasiun Jatimulya - Cawang, dan headway selama 8 menit di Stasiun Harjamukti - Cawang,

"Untuk waktu senggang seperti weekend misalnya pasti akan berubah headway-nya mungkin di waktu senggang akan 8-16 menit," sebut Kuswardojo.

Kuswardojo menjelaskan LRT Jabodebek akan mengangkut 137 ribu. Nantinya diprediksi jumlah penumpang akan naik 5% setiap tahunnya.

"Target kami 137 ribu dalam satu hari, dan akan meningkat 5% tiap tahun, 2032 kemungkinan stuck tak ada penambahan jumlah penumpang lagi," kata Kuswardojo.

(hal/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT