Rencana Besar LRT Jabodebek: Nyambung ke Grogol hingga Bogor

ADVERTISEMENT

Rencana Besar LRT Jabodebek: Nyambung ke Grogol hingga Bogor

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 17 Jan 2023 17:21 WIB
LRT Jabodebek
Foto: Dok. LRT Jabodebek
Jakarta -

Operasi LRT Jabodebek ditargetkan operasi mulai Juli tahun ini. Sudah ada 3 lintas pelayanan yang bakal beroperasi mulai dari Cawang-Harjamukti Cibubur, Cawang-Jatimulya Bekasi, dan Cawang-Dukuh Atas.

Namun LRT Jabodebek sendiri sebetulnya direncanakan bakal diperluas rutenya hingga ke kawasan Bogor dan juga Grogol. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Divisi LRT Jabodebek KAI Mochamad Purnomosidi.

Menurutnya hal tersebut masuk ke dalam Perpres 98 tahun 2015 tentang Percepatan Penyelenggaraan Kereta Api Ringan/Light Rail Transit Terintegrasi di Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi yang sudah diperbaharui lewat Perpres 49 tahun 2017.

"Kalau melihat dari Perpres, itu memang berikutnya dari Cibubur sampai Bogor. Kemudian dari Dukuh Atas sampai dengan Palmerah, Senayan, dan Grogol," sebut Purnomosidi ketika ditemui di Kantor OCC Depo LRT Jabodebek Bekasi, Jawa Barat, Selasa (17/1/2023).

Namun, menurutnya belum ada rencana lanjutan dari pembangunan jaringan LRT Jabodebek. Dia bilang semua pihak masih fokus pada persiapan operasi LRT Jabodebek yang sudah ada.

"Tapi, sekali lagi kita masih menunggu penyelesaian yang sudah ada ini. Kita akan buktikan dahulu bahwa ini selesai dulu. Setelah itu kita akan melangkah ke tahap berikutnya bagaimana," ungkap Purnomosidi.

Sebenarnya proyek lanjutan LRT Jabodebek sudah dilirik beberapa investor, namun semua itu baru hanya minat belum ada realisasinya. Pembicaraan lanjutan pun belum ada.

"Sebenarnya kalau investor dan lain sebagainya cukup banyak yang berminat ya. Tapi hanya minat. Kita mau buktikan yang ini dulu, karena ini kan kereta driverless pertama ya dengan jarak jauh, ini pertama kali di Indonesia," sebut Purnomosidi.

Dilihat detikcom dalam salinan Perpres 98 tahun 2015, dijelaskan lintasan pelayanan LRT Jabodebek ada enam. Yang sudah dibangun dan bakal operasi ada tiga mulai dari Cawang-Cibubur, Cawang-Kuningan-Dukuh Atas, hingga Cawang-Bekasi Timur.

Masih ada tiga lagi yang menunggu untuk dibangun, mulai dari rute perluasan Cibubur-Bogor, Dukuh Atas-Palmerah-Senayan, dan Palmerah-Grogol.

Simak video 'Kejar Beroperasi Juli 2023, LRT Jabodebek Hampir Rampung':

[Gambas:Video 20detik]



(hal/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT