Jokowi Resmikan Bendungan Penahan Banjir Manado Rp 1,9 T

ADVERTISEMENT

Jokowi Resmikan Bendungan Penahan Banjir Manado Rp 1,9 T

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 19 Jan 2023 10:32 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan di Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Bendungan ini rencananya bakal menjadi bendungan pengendali banjir bagi Kota Manado.

Jokowi menjelaskan bendungan ini dibangun sejak tahun 2016, menurutnya pembangunan bendungan memakan waktu lima setengah tahun. Bendungan Kuwil Kawangkoan menghabiskan anggaran cukup besar menyentuh Rp 1,9 triliun.

"Jadi bendungan Kuwil Kawangkoan ini dibangun sejak 2016, artinya lima setengah tahun. Dibangun dengan anggaran Rp 1,9 triliun," ujar Jokowi dalam peresmian bendungan yang disiarkan virtual, Kamis (19/1/2023).

Bendungan Kuwil Kawangkoan memiliki kapasitas tampung 26 juta meter kubik dengan luas genangan mencapai 157 hektare. Jokowi menyatakan bendungan ini bakal menjadi pengendali banjir bagi Kota Manado. Dia menyebutkan Manado pernah banjir bandang di tahun 2014, bendungan ini akan mencegah hal itu terjadi kembali.

"Karena ini berada di atas Manado, kalau nggak dihentikan di sini airnya bisa lari dan bisa banjir di Manado. Kita ingat, 2014 itu Manado pernah banjir bandang," kata Jokowi.

Selain itu bendungan ini juga bisa menjadi sarana irigasi pertani dan juga jadi pembangkit listrik mikrohidro dengan kapasitas 2x0,70 megawatt.

(hal/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT