Diamuk Megawati, Bandara Bali Utara Punya Rencana Masuk Metaverse

ADVERTISEMENT

Diamuk Megawati, Bandara Bali Utara Punya Rencana Masuk Metaverse

Tim detikcom - detikFinance
Kamis, 19 Jan 2023 13:34 WIB
Membeli Tanah Virtual di Metaverse
Ilustrasi Metaverse/Foto: Mindra Purnomo/detikcom
Jakarta -

Rencana pembangunan proyek Bandara Bali Utara mendapat penolakan dari Presiden ke-5 RI Megawati Soekarno Putri. Megawati bahkan sampai ngamuk karena menolak pembangunan itu. Kini bandara yang rencananya dibangun di Buleleng itu juga sudah dicoret dari Proyek Strategis Nasional (PSN).

Meski sudah dicoret dari PSN, namun proyek bandara itu disebut tetap akan dilanjutkan. PT Bandara Internasional Bali Utara (BIBU) Panji Sakti, perusahaan penggagas berdirinya Bandara Internasional Bali Utara bahkan sudah menjalin kerja sama dengan banyak pihak untuk proyek tersebut, termasuk dengan PT WIR Asia Tbk (WIR Group).

WIR Group adalah perusahaan pengembang teknologi berbasis AR/VR besutan anak Indonesia. Kerjasama tersebut untuk mengadopsi teknologi digital Metaverse untuk mewujudkan visi menjadi menjadi perusahaan pengelola bandara dan aerotropolis terkemuka di Asia Pasifik. Keduanya sudah meneken kerja sama April 2022 lalu.

Metaverse sendiri adalah dunia komunitas virtual tanpa akhir yang saling terhubung di mana, orang-orang dapat bekerja, bertemu, bermain dengan menggunakan headset realitas virtual, kacamata augmented reality, aplikasi smartphone dan atau perangkat lainnya.

Direktur Utama PT BIBU Panji Sakti, Erwanto Sad Adiatmoko Hariwibowo mengatakan, adopsi teknologi tinggi seperti Metaverse merupakan suatu keharusan perusahaan agar mampu menjawab dan menghadapi tantangan global yang kian kompetitif di era teknologi digital tanpa batas, serta agar dapat menciptakan mesin ekonomi baru bagi Bali khususnya dan Indonesia pada umumnya.

"Bagi kami penerapan teknologi Metaverse merupakan jawaban akan kebutuhan masa depan yang harus dimulai dari sekarang. Tentunya kerja sama dengan WIR Group akan makin memuluskan langkah kami menjadi pengelola Bandara terkemuka di Asia Pasifik," ujar Erwanto dalam keterangannya pada April 2022 lalu.

Erwanto menegaskan, kolaborasi dengan WIR Group merupakan langkah strategis yang diambil perusahaan, bukan hanya dengan jalan mengadopsi teknologi digital Metaverse, namun juga pengembangan sumber daya manusia di BIBU agar memiliki kemampuan dalam memanfaatkan teknologi digital Metaverse untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan Bandara Bali Utara.

"Penerapan Metaverse nantinya akan memberikan nilai tambah jangka panjang untuk bagi kami khususnya dan industri penerbangan maupun kawasan industri pendukungnya pada umumnya serta berperan aktif untuk meningkatkan ekonomi nasional. Terutama dapat meningkatkan ekonomi digital nasional," ucapnya.

"Kami menilai WIR Group memiliki kapabilitas dan kredibilitas sebagai pengembang teknologi yang telah mendapat dukungan kuat pemerintah untuk menghadirkan Metaverse Indonesia dan kota-kota lain di Indonesia yang berbasiskan kearifan lokal serta nilai-nilai luhur bangsa, yang tentunya kami percaya akan sesuai dengan budaya dan adat-istiadat Bali di mana lokasi kami berada," tambahnya.

Sementara Direktur Utama PT WIR Asia Tbk Michael Budi saat itu menegaskan adopsi Metaverse Bandara Internasional yang terletak lokasi di pesisir pantai Kubutambahan, Buleleng, Bali ini akan menambah ragam kerjasama WIR Group dengan berbagai sektor bisnis yang telah ada, sekaligus memperkaya dan memperkuat ekosistem digital metaverse yang tengah dikembangkan oleh WIR Group.

Michael menambahkan kolaborasi dengan BIBU akan menghadirkan teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan, virtual reality (VR), serta augmented reality (AR) dalam pengelolaan Bandara.

"Bagi kami kerjasama dengan PT BIBU (Bandara Bali Utara) ini menghadirkan tantangan tersendiri bagi perusahaan untuk terus melakukan inovasi dan meningkatkan kreativitas untuk menghadirkan solusi bagi kliennya dan selalu terdepan," ujar Michael Budi.

Lihat juga video 'Amarah Plt Dirjen Imigrasi ke Bank di Gerai VoA Saat Sidak Bandara Bali':

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT