Sodetan Ciliwung Mandek 6 Tahun, Jokowi: Rampung April!

ADVERTISEMENT

Sodetan Ciliwung Mandek 6 Tahun, Jokowi: Rampung April!

Ilyas Fadhillah - detikFinance
Selasa, 24 Jan 2023 10:58 WIB
Presiden Jokowi tinjau proyek Sodetan Ciliwung
Foto: Presiden Jokowi tinjau proyek Sodetan Ciliwung/Ilyas Fadhillah-detikcom
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pembangunan proyek pembangunan Sodetan Kali Ciliwung di Outlet pompa Pintu Air Kebon Nanas, Jatinegara, Jakarta Timur. Jokowi menargetkan proyek ini selesai pengerjaannya pada April 2023.

Jokowi optimistis proyek ini selesai sesuai target. Hal ini berdasarkan kunjungan yang baru ia lakukan.

"(April) selesai. Baru ditengok tadi ke dalam, kita lihat terowongan di dalam, tunnel boring (mesin bor terowongan) bergerak lagi. Rampung, lihat nanti April," katanya di Kanal Banjir Timur, Jakarta Timur, Selasa (24/1/2023).

Jokowi mengatakan penanganan banjir di Jakarta dilakukan dari hulu ke hilir. Di hulu, menurut Jokowi, sudah selesai dengan adanya Bendungan Ciawi dan Sukamahi di Kabupaten Bogor.

"Kembali ke Banjir Jakarta, kita tahu penanganan banjir Jakarta harus dari hulu ke hilir. Hulu selesai dengan Bendungan Ciawi kemudian Sukamahi, di atas," ujarnya.

Sementara di Jakarta terus dibangun proyek penanganan banjir, termasuk Sodetan Ciliwung yang sudah berhenti 6 tahun. Jokowi menyebut pembebasan lahan memakan waktu satu setengah bulan.

"Ini kemarin satu setengah bulan dibebaskan lahan di sini sehingga bisa dimulai lagi penyebarannya. Dan kita harapkan April Insyaallah selesai," imbuhnya.

Turut mendampingi Jokowi dalam kunjungan ini Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.



Simak Video "Jokowi Perintahkan Gubernur Sering ke Pasar, Sudah Nggak Musim 'ABS'"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT