Konsultasi Klinik UKM

img_list
Iim Rusyamsi, MM. Founder Komunitas TDA
Wakil Ketua Komtap Akses Informasi dan Pelatihan UMKM KADIN Indonesia Bidang UMKM, Koperasi dan Ekonomi Kreatif
Pakar Usaha Kecil Menengah UKMSukses.com
Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 26 Des 2013 10:26 WIB

Mau Buka Cabang Usaha Tapi Tak Percaya Karyawan, Ini Solusinya

- detikFinance
Jakarta - Saya mau tanya ketika saya ingin membuka cabang untuk bisnis pakaian saya bagaimana saya bisa mempercayakan karyawan di toko cabang saya, sedangkan saya tidak bisa mengawasi semua cabang setiap hari. Apakah ada barang yang diambil karyawan atau mereka mengambil uangnya.

Jawaban:

Untuk menambah pendapatan dan mengembangkan usaha memang salah satunya adalah membuka cabang. Beberapa tips yang dapat saya berikan sebelum Anda membukan cabang yang baru sebagai berikut:



  • Anda harus menguasai secara penuh operasional bisnis pakaian anda tersebut. Anda menjalani operasional sehari-hari bisnis anda tersebut secara penuh waktu dan Anda akan menjadi mengetahui secara penuh atas jalannya operasional bisnis anda dari semua lini. Dari pengalaman Anda menjalankan operasional sehari-hari tersebut maka anda akan menemui banyak pengetahuan dan juga mengetahui celah-celah kebocoran yang mungkin terjadi dari sisi operasional, manajemen, keuangan dan SDM.
  • Susun dan tulislah secara rutin apa pun prosedur bisnis secara operasional sehari-hari/rutinitas dari hal yang terkecil hingga yang besar. Sehingga Anda akan mempunyai SOP (standard operational procedure) dan skema alur kerja dengan penjelasannya yang dapat diberikan kepada tim kerja anda. Misalnya prosedur pelayanan kepada pelanggan dan lain-lain.
  • Jadilah pemimpin bisnis yang dapat menjadi contoh untuk para tim kerja Anda. Mereka akan mengikuti cara kerja Anda dan disiplin sehari-hari yang anda lakukan. Berikan mereka beberapa wewenang dan tanggungjawab yang dapat Anda nilai dan Anda dapat percayai. Sehingga Anda akan mampu menciptakan pemimpin baru bisnis Anda dari tim kerja Anda.
  • Bangunlah sistem penerimaan karyawan baru dan sistem pelatihan. Jika diperlukan gunakan konsultan SDM untuk mendapatkan karyawan baru dengan personality sesuai yang Anda inginkan. Siapkan beberapa pelatihan keterampilan dari internal maupun eksternal untuk tim kerja Anda. Sumber daya manusia (SDM) dari cabang utama ini, yang sudah terdidik dan teruji, dapat anda jadikan pemimpin di cabang Anda yang baru. Sehingga juga ada jenjang karir yang jelas di usaha Anda untuk memberikan kepada para karyawan kesempatan dan tantangan.
  • Buatlah perjanjian kerja dengan karyawan dan buatlah aturan kerja yang jelas. Jelaskan apa saja pekerjaan mereka sehari-hari yang harus dilakukan, standar prosedur yang harus diikuti dan tujuan bisnis yang ingin perusahaan capai.
  • Lakukan pertemuan rutin untuk membantu para tim kerja bekerja lebih baik untuk mencapai target capaian pekerjaannya dan untuk memberikan mereka motivasi sehingga mereka akan merasakan nyamannya bekerja dalam satu tim yang saling membantu dan saling mempercayai. Dengan meeting rutin ini juga, Anda selalu mengingatkan atas apa saja visi, misi, budaya dan goal perusahaan yang Anda inginkan. Dan dari meeting ini akan tercipta juga jalur komunikasi yang efektif dan terbuka.
  • Ciptakan sistem keuangan, sistem akunting dan sistem stok yang baik dan jika memungkinkan sudah komputerisasi sehingga dapat mengontrol dan mencatat dengan baik.
  • Manfaatkan teknologi untuk efisiensi dan efektivitas serta keamanan usaha anda di cabang baru, seperti sistem komputerisasi, sistem security, jalur komunikasi via phone/email/internet/fax, CCTV, mesin absensi dan lain-lain.

Semoga bermanfaat dan dapat membangun cabang barunya.

(hen/hen)
Klik di sini untuk mengirimkan pertanyaan yang ingin dikonsultasikan dengan kami. Konsultasi seputar perencanaan keuangan, properti dan UKM.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com