Konsultasi Klinik UKM

img_list
Iim Rusyamsi, MM. Founder Komunitas TDA
Wakil Ketua Komtap Akses Informasi dan Pelatihan UMKM KADIN Indonesia Bidang UMKM, Koperasi dan Ekonomi Kreatif
Pakar Usaha Kecil Menengah UKMSukses.com
Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 09 Sep 2014 07:54 WIB

Baru Mulai Usaha? Ini Tips Bikin Produk Cepat Dikenal Orang

- detikFinance
Jakarta - Pertanyaan pembaca: Saya Kaamilin seorang karyawan, saya berencana membuat sambal plus abon dalam kemasan botol dan memasarkannya. Pertanyaan saya adalah bagaimana cara memasarkan yang paling efektif agar produk saya cepat dikenal orang?

Jika saya mencari agen/reseller berapa persen komisi saya berikan, agar agen/reseller tertarik memasarkan produk saya?

Terima Kasih

Jawaban:
Dear Kaamilin,

Untuk memasarkan produk sambal dan abon Anda berikut beberapa tips dari saya:

1. Promosikan produk Anda agar banyak orang mengenal dan tertarik dengan produk tersebut. Buat brosur dan sebarkan. Pasang iklan baris di media cetak atau online, mengirimkan email atau surat langsung, membuat website/toko online, aktif di sosial media seperti facebook, twitter dan instagram. Tawarkan langsung kepada orang-orang di sekitar Anda.

2. Buatlah kemasan yang menarik, logo dan desain pada kemasan yang sesuai dengan produk Anda. Berikan informasi yang lengkap pada kemasan tersebut, seperti : tanggal kadaluarsa, nomor telpon, bahan baku produk, cara penyajian dan lainnya.

3. Siapkan satu kios kecil di tempat yang strategis untuk penjualan produk Anda. Dan bangun juga channel pemasaran dengan menitipkan produk Anda di toko-toko, minimarket, warung-warung, restoran, kantin. Buat juga sistem keagenan/reseller untuk orang-orang yang ingin menjual produk Anda secara langsung. Untuk keagenan ini agar menarik mereka untuk menjualnya, berikan komisi yang menarik, biasanya mulai dari 20%-40%. Tawarkan paket keagenan dengan jenjang komisi yang berbeda. Misalnya untuk agen yang membeli 10 unit mendapatkan diskon 20%, membeli 20 unit diskon 30% dan seterusnya.

4. Jaga pelanggan Anda. Jika sudah mempunyai pelanggan tetap, Anda harus terus berkomunikasi dengan mereka, hubungi mereka secara rutin melalui banyak cara seperti sms, telpon, bbm, email, sosial media dan lain-lain. Bangun database mereka dengan baik. Sampaikan informasi ke pelanggan dengan rutin tentang produk terbaru, promo khusus, dan lainnya. Dan datangi langsung juga pelanggan-pelanggan yang mempunyai prospek yang bagus.

5. Buatlah juga kerjasama dengan pihak lain, seperti dengan restoran-restoran dengan memberikan diskon khusus kepada pelanggan restoran tersebut jika membeli produk Anda di restoran tersebut. Buat paket produk dengan produk lain di minimarket, misalnya produk Anda dijual satu paket dengan produk kecap dengan harga khusus dan menarik. Berikan produk sample yang gratis di acara-acara tertentu. Banyak cara kerjasama lainnya yang bisa digali.

6. Anda juga harus aktif menyampaikan langsung tentang produk Anda di berbagai acara dan media. Misalnya melalui sebagai pembicara atau narasumber di radio-radio, majalah bisnis, blog/web. Anda juga harus aktif di organisasi dan komunitas agar bisa banyak bertemu orang. Jadilah sponsor di acara amal dan lainnya. Ikuti bazaar dan pameran yang mempunyai prospek yang bagus.

Demikian tips dari saya semoga bermanfaat dan sukses selalu.

Artikel ini dijawab oleh Tim UKMSukses.com

(ang/ang)
Klik di sini untuk mengirimkan pertanyaan yang ingin dikonsultasikan dengan kami. Konsultasi seputar perencanaan keuangan, properti dan UKM.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed