Konsultasi Klinik UKM

img_list
Iim Rusyamsi, MM. Founder Komunitas TDA
Wakil Ketua Komtap Akses Informasi dan Pelatihan UMKM KADIN Indonesia Bidang UMKM, Koperasi dan Ekonomi Kreatif
Pakar Usaha Kecil Menengah UKMSukses.com
Follow detikFinance
Rabu 15 Jul 2015, 07:31 WIB

Tips Sukses Jadi Pengusaha Mi Ayam

Iim Rusyamsi - detikFinance
Tips Sukses Jadi Pengusaha Mi Ayam
Jakarta -

Pertanyaan: Pak Iim saya ingin tanya apakah bedanya mengelola 1 kios mi ayam, dengan 5 kios mi. Saya baru punya satu tapi saya pikir akan lebih baik hasilnya jika saya membuka cabang lagi (rencana 5 cabang tapi masih satu kota ). Suwun Pak lim.

Arif Raharja


Jawaban:
Dear Pak Arif,

Membuka cabang kios mi ayam Anda menjadi 5 cabang adalah rencana bisnis yang sangat baik. Keuntungan membuka cabang adalah, Anda dapat memaksimalkan sumber daya yang ada untuk dapat dibagikan kepada cabang lainnya, sehingga membuat usaha Anda lebih menguntungkan. namun lebih efektif juga efisien.

Namun untuk membuka cabang berikutnya, pastikan cabang yang pertama sudah berjalan dengan baik dan menghasilkan, sehingga dapat diterapkan di cabang lainnya.
 
Buatlah sistem semua proses yang ada di cabang pertama Anda, mulai sistem produksi, pelayanan pelanggan, pemasaran, interior, penyajian, manajemen dapur, SDM dan keuangan.

Tuangkan sistem tersebut dalam buku manual atau pun System Operational Procedure (SOP), dengan SOP tersebut Anda akan lebih mudah membuat cabang berikutnya.

Sistem tersebut dapat Anda duplikasikan terus menerus ke cabang-cabang yang akan Anda buka. Dan jika sudah mempunyai cabang-cabang lain dan mempunyai sistem yang kuat, Anda bisa tawarkan ke program kemitraan dan waralaba. Sehingga akan mengembangkan bisnis Anda lebih besar lagi.

Membuat SOP selain dengan membuat tulisan dan alur kerja, Anda juga dapat membuatnya dengan video shooting, audio recording, atau kumpulan photo-photo. Sehingga akan lebih memudahkan Anda.

Tentu mengelola 1 kios dengan 5 kios berbeda, mengelola lebih banyak cabang akan memiliki tantangan yang lebih menarik. Anda akan mengelola sumber daya manusia (tim) yang lebih banyak, sehingga akan membentuk diri Anda menjadi pemimpin bisnis yang lebih kokoh.

Tim kerja Anda harus dikelola dengan baik, dengan menyelaraskan visi, misi, dan budaya yang Anda ciptakan, berikan juga pelatihan-pelatihan yang akan meningkatkan kemampuan/keterampilan merekam sehingga mereka siap ditempatkan di mana saja.

Mengelola keuangannya akan lebih menyenangkan, karena jika semua kios menghasilkan keuntungan yang baik, Anda harus pandai mengatur keuangan dan investasi Anda.

Dan belum tentu juga semua cabang akan menghasilkan, Anda akan lebih memikirkan proses pemasaran dan promosinya agar semua cabang dapat mempunyai hasil yang baik.

Hubungan dengan pemasok akan lebih menyenangkan, karena dengan jumlah cabang Anda yang bertambah pemasok akan mendapatkan pesanan lebih banyak pula, dan Anda pun akan bisa mendapatkan harga lebih murah karena jumlah kebutuhan bahan baku lebih banyak.

Dengan mempunyai cabang yang banyak, tentu juga akan menghasilkan jumlah pelanggan yang banyak, Anda perlu juga membangun database pelanggan Anda dan menjadikan mereka pelanggan yang loyal.

Tawarkan juga pelanggan Anda dengan sistem membership yang sehingga mereka mendapatkan benefit saat membeli di cabang mana pun.

Anda dapat membangun sistem home delivery, pengiriman akan lebih mudah dan cepat dari cabang terdekat.

Begitu juga dengan proses branding bisnis Anda, dengan cabang yang banyak, Anda mau tidak mau harus merencanakan kegiatan untuk mengingkatkan kesadaran pelanggan atas brand/merek Anda. Branding ini, bagaimana caranya Anda membuat pelanggan Anda, selalu ingat brand Anda saat ingin membeli mi ayam. Dan jangan lupa untuk mematenkan merek kios mie ayam Anda sedini mungkin.

Semoga tips ini dapat menumbuhkan bisnis Anda, lebih baik dimulai dari terkecil seperti ini dengan belajar dan mengikuti tahapan-tahapan yang sudah dilakukan oleh para restoran-restoran besar. Selamat merencanakan usaha Anda menjadi lebih besar.

Artikel ini dijawab oleh Tim UKMSukses.com

(dnl/dnl)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed