Konsultasi Klinik UKM

img_list
Iim Rusyamsi, MM. Founder Komunitas TDA
Wakil Ketua Komtap Akses Informasi dan Pelatihan UMKM KADIN Indonesia Bidang UMKM, Koperasi dan Ekonomi Kreatif
Pakar Usaha Kecil Menengah UKMSukses.com
Follow detikFinance
Jumat 26 Feb 2016, 07:05 WIB

Mau Buka Usaha Ayam Bakar Tapi Ragu-ragu? Ini Tipsnya

Iim Rusyamsi - detikFinance
Mau Buka Usaha Ayam Bakar Tapi Ragu-ragu? Ini Tipsnya Foto: Istimewa
Jakarta - Pertanyaan:
Saat ini saya dan istri bekerja, ada niat sih mau buka usaha ayam bakar, tapi masih bingung mau bukanya bagaimana dan siapa yang handle. Karena belum mau percaya ke orang lain buat pegang di awal, mau niat sih buka ayam sudah siap olah (tinggal goreng atau bakar) dalam kondisi frozen, tapi masih ragu. Apa yang harus saya lakukan?

Terima kasih Firman

Jawaban:
Dear Pak Firman,

Jika saat ini Anda dan istri masih bekerja dan mempunyai niat untuk memulai usaha kuliner ayam bakar, namun juga masih belum bisa mempercayai ke orang lain. Anda dan istri bisa memulainya dari yang sederhana dulu saja dan di sela kesibukan Anda sebagai pekerja.

Anda bisa memulai dengan melihat kapan waktu luang Anda dan istri bisa menjalankan usaha ini, misalnya Anda mulai pada sore hari sepulang kerja hingga malam hari di sekitar rumah Anda. Atau bisa juga pada saat hari libur Sabtu-Minggu. Yang terpenting usahanya dapat Anda mulai dan Anda bisa banyak belajar dan mempunyai pengalaman dari memulai usaha yang sudah Anda cita-citakan.

Alternatif lain juga bisa, Anda menjalankan usaha ayam bakar ini khusus dengan jasa delivery di waktu tertentu, dan juga ada alternatif lain adalah membuat ayam bakar khusus pesanan acara-acara tertentu seperti pesta pernikahan, acara pertemuan, dan lain-lain.

Namun Anda perlu menu ayam bakar yang menarik, rasa yang lebih enak, mempunyai keunikan dan keunggulan yang berbeda dari outlet-outlet ayam bakar yang sudah ada. Dan juga diberikan promo-promo yang menarik sehingga banyak calon pelanggan Anda yang akan membelinya.

Jika Anda sudah memulainya pasti akan banyak hal yang membuat Anda lebih bersemangat lagi dan melihat perkembangan usaha Anda di masa depan, sehingga Anda dan istri akan menentukan rencana terbaiknya untuk membangun usaha ini lebih besar lagi, dengan salah satunya adalah mungkin Anda merencanakan salah satu dari Anda dan istri untuk pensiun dari pekerjaan agar dapat menjalankan usaha secara penuh waktu atau mencari orang yang dipercaya dan mendidiknya untuk dijadikan karyawan Anda.

Demikian tips dari saya, semoga bermanfaat dan Anda dapat memulai usahanya segera.

Artikel ini dijawab oleh Tim UKMSukses.com. (wdl/wdl)
Klik di sini untuk mengirimkan pertanyaan yang ingin dikonsultasikan dengan kami. Konsultasi seputar perencanaan keuangan, properti dan UKM.
ukm
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed