Konsultasi Klinik UKM

img_list
Iim Rusyamsi, MM. Founder Komunitas TDA
Wakil Ketua Komtap Akses Informasi dan Pelatihan UMKM KADIN Indonesia Bidang UMKM, Koperasi dan Ekonomi Kreatif
Pakar Usaha Kecil Menengah UKMSukses.com
Follow detikFinance
Senin 24 Oct 2016, 08:39 WIB

Umur Masih 20 Tahun, Usaha Apa yang Cocok Dijalankan?

Iim Rusyamsi - detikFinance
Umur Masih 20 Tahun, Usaha Apa yang Cocok Dijalankan? Foto: Istimewa
Jakarta - Pertanyaan:
Dalam waktu dekat saya berencana ingin membuka usaha sendiri, umur saya 20 tahun dan modal yang saya punya bisa dibilang minim, jadi saya ingin menanyakan jenis usaha apa yang sebaiknya saya buka.

Terima kasih
Aulid Hashfial

Jawaban:

Dear Aulid,

Selamat anda sudah mempunyai keinginan dan cita-cita untuk memiliki usaha sendiri di usia yang sangat muda. Dengan modal minim yang Anda miliki sekarang bukanlah kendala untuk Anda memulai berusaha.

Yang terpenting adalah punya keberanian untuk memulainya dan mempunyai pola pikir/mindset sebagai seorang wirausahawan yang mempunyai tujuan dan cita-cita dalam membangun usahanya.

Mulai dari sekarang harus bisa melihat potensi diri dan sumber daya yang ada, apa kemampuan yang Anda miliki saat ini untuk dijadikan peluang usaha yang cocok untuk Anda. Masih punya banyak waktu untuk mencoba dan belajar untuk mendapatkan pengalaman yang berharga. Dan kelak akan menjadikan usahanya semakin matang dan bertumbuh besar.

Pilihlah jenis usaha yang sesuai dengan minat, potensi, hasrat dan sumber daya yang Anda miliki saat ini. Jenis usaha dari yang terkecil, mudah dan dengan modal yang sesuai Anda miliki saat ini dan yang bisa diinovasikan dan ditambah dengan ide kreatif Anda. Contoh jenis usaha untuk pemula yang bisa Anda pilih: jualan pulsa, jualan makanan-minuman, buka kantin, jualan secara online, jualan di marketplace seperti ukmmarket.co.id, jasa pengetikan, les privat, laundry, jasa pembuatan website, pembuatan aplikasi, jualan pakaian dan lainnya.

Jika sudah menentukan mulailah aksi dengan membuat perencanaan yang baik untuk memulai dan menjalankannya secara berkelanjutan. Carilah mentor usaha, seorang yang berpengalaman dalam dunia usaha yang bisa mendampingi dan mengarahkan Anda untuk memulai dan menjalankan usaha.

Perluas jejaring pertemanan Anda/networking dengan mengikuti seminar-seminar/pelatihan untuk UKM, bergabung dengan komunitas UKM atau pengusaha pemula untuk bisa saling belajar dan mendapatkan teman-teman yang memiliki visi yang sama dengan Anda dalam berusaha.

Demikian tips yang bisa saya berikan untuk Anda, selamat untuk memulai usaha. Pantang menyerah. Semoga sukses dan barokah.

Artikel ini ditulis oleh tim ukmsukses.com. (wdl/wdl)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed