Konsultasi Klinik UKM

img_list
Iim Rusyamsi, MM. Founder Komunitas TDA
Wakil Ketua Komtap Akses Informasi dan Pelatihan UMKM KADIN Indonesia Bidang UMKM, Koperasi dan Ekonomi Kreatif
Pakar Usaha Kecil Menengah UKMSukses.com
Follow detikFinance
Rabu 26 Oct 2016, 07:29 WIB

Tips Meningkatkan Omzet untuk Penjual Susu Formula dan Popok Bayi

Iim Rusyamsi - detikFinance
Tips Meningkatkan Omzet untuk Penjual Susu Formula dan Popok Bayi Foto: Istimewa
Jakarta - Pertanyaan:
Saya baru saja membuka toko susu formula dan popok bayi yang sudah menggunakan teknologi informasi komputer untuk penjualannya, dan sudah menggunakan printer barcode untuk transaksi penjualannya, yang mau saya tanyakan kiat-kiat dan tips apa saja untuk bisa meningkatkan penjualan.

Terima kasih
Ryo Yms

Jawaban:
Dear Ryo,

Penggunaan sistem Teknologi Informasi Komputer di bisnis saat ini adalah sudah keharusan untuk membuat bisnis bisa berkembang lebih baik, lebih efektif dan efisien dan juga membuat kenyamanan untuk para pelanggan sehingga mereka bisa senang kembali belanja di tempat Anda.

Beberapa tips yang bisa saya sampaikan untuk memajukan penjualan Anda adalah sebagai berikut:

1. Sistem Teknologi Informasi (TI) yang Anda gunakan harus bisa menampung data para pelanggan, sistem dapat mengetahui data para pelanggan Anda secara detail sehingga dengan data ini Anda akan dapat dengan mudah menghubungi para pelanggan, berkomunikasi, memberikan informasi terbaru dari toko, mengirim newsletter,memberikan tips tentang parenting, menginformasikan produk sesuai umur bayi saat umur bertambah, memberikan promosi khusus, memberikan hadiah kepada pelanggan, mengirim ucapan terima kasih berupa email/SMS setelah pelanggan belanja, mengirimkan ucapan ulang tahun dan perayaan lainnya, mengundang acara pengenalan produk/seminar dan manfaat lainnya. Anda bisa meminta data pelanggan dengan menawarkan sistem keanggotaan, mengisi formulir pelanggan, memberikan hadiah khusus dengan mengisi formuilir dan cara lainnya.

2. Sistem TI Anda, harus bisa memberikan informasi apa yang sering dibeli oleh pelanggan secara rutin untuk bayinya (susu pendamping ASI, diapers, makanan bayi dll), kapan pelanggan tersebut membeli, berapa nilai penjualan yang selama ini sudah dibelanjakan oleh setiap pelanggan, produk bayi apa saja yang rutin di beli pelanggan. Dari informasi ini, Anda bisa memberikan informasi rutin tentang produk Anda yang bisa dibeli secara rutin, memberikan penawaran khusus, menawarkan paket berlangganan untuk produk yang rutin dibeli dengan harga lebih murah. Anda juga dapat mengingatkan pelanggan untuk membeli kembali produknya, karena Anda sudah mengetahui periode belinya dan waktu perkiraan produk tersebut sudah harus dibeli kembali.

3. Dengan dibantu sistem TI, Anda harus sudah bisa mengelompokkan kategori pelanggan dalam satu database. Dimulai dari kategori yang BAGUS, yaitu yang selalu membeli produk secara rutin, pelanggan tersebut selalu merespons semua penawaran Anda, selalu mereferensikan ke kerabatnhya untuk membeli produk Anda. Ia membantu Anda dalam memasarkan produk Anda, ia mempunyai rasa memiliki, ingin toko Anda maju dan terus bertumbuh.

Kategori berikutnya kategori BIASA, kategori ini selalu membeli namun menunggu ada penawaran khusus/diskon, selalu meminta potongan harga namun selalu jadi membeli. Pelanggan ini membantu mendatangkan omset dengan pembelian rutinnya. Kemudian kategori pelanggan yang SULIT, mereka selalu datang, meminta harga khusus, produk khusus, kita berikan harga khusus dan penawaran menarik namun tidak pernah jadi membeli. Dan kadang mereka hanya ingin mencari pembanding dari toko lainnya. Yang terakhir kategori ACUH, pelanggan ini ada di database Anda, diberikan penawaran tidak pernah merespons, rewel, selalu mencari kelemahan dan kesalahan toko dan tidak pernah belanja di tempat Anda.

Dari database yang sudah dikelompokkan tersebut, Anda bisa melakukan rencana untuk menaikkan loyalitas mereka. Berikan service/pelayanan yang terbaik untuk pelanggan BAGUS, berikan penawaran khusus kepada pelanggan kategori BIASA, dan edukasi pelanggan kategori SULIT untuk bisa naik kategorinya, namun jika tidak bisa, masukkan mereka ke kategori ACUH. Lalu bersih-bersih daftar pelanggan kategori ACUH dari database Anda sehingga Anda bisa berfokus kepada pelanggan BAGUS dan BIASA.

4. Anda bisa mengupload produk-produk dari inventory sistem Anda secara terintegrasi dengan toko onlne Anda atau menjualnya di marketplace seperti ukmmarket.co.id dll secara sistem sehingga tidak satu per satu produk. Dan toko online Anda bisa sinkron dengan daftar inventori di sistem Anda, sehingga membuat pelanggan nyaman. Dengan sistem TI ini Anda juga bisa membuat katalog/brosur secara rutin.

5. Penting juga, Anda harus selalu membackup data sistem TI Anda, karena semua proses penjualan Anda sudah terintegrasi di sistem. Dengan ada backup database secara rutin, Anda merasa aman karena jika ada kerusakan sistem, akan dengan cepat memulihkannya sehingga bisnis tidak terhenti lama. Gunakan jasa maintenance secara rutin untuk sistem TI Anda.

Dan banyak hal lagi yang bisa Anda manfaatkan untuk sistem TI membantu meningkatkan penjualan Anda.

Semoga tips ini membantu Anda. Selamat berbisnis dan sukses selalu.

Artikel ini dijawab oleh tim UKMsukses.com. (wdl/wdl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed