Konsultasi Klinik UKM

img_list
Iim Rusyamsi, MM. Founder Komunitas TDA
Wakil Ketua Komtap Akses Informasi dan Pelatihan UMKM KADIN Indonesia Bidang UMKM, Koperasi dan Ekonomi Kreatif
Pakar Usaha Kecil Menengah UKMSukses.com
Follow detikFinance
Senin 06 Feb 2017, 07:45 WIB

Tips Buat Anda yang Berbisnis Keripik dan Kacang

Nanang Wahyudi - detikFinance
Tips Buat Anda yang Berbisnis Keripik dan Kacang Foto: Istimewa
Jakarta - Pertanyaan: Saya Syafin, saya punya produk keripik dan kacang. Ke depannya akan banyak produk yang saya pakai merek sendiri.

Saya tidak produksi atau buat sendiri. Boleh minta saran dari bisnis repackaging yang sedang saya jalankan ini.

Terima kasih
Ahmad Syafin

Jawaban:
Halo Pak Syafin.

Untuk bisnis repackaging produk pihak lain, hal yang penting untuk dijaga adalah kestabilan kualitas dan supply produknya. Karena tidak diproduksi sendiri, dua hal ini butuh perhatian khusus karena kontrolnya ada di pihak lain. Jika supply tersendat, atau kualitas produk tidak stabil, akan menghambat jalannya bisnis anda.

Untuk membangun merek, rancang merek dan aplikasinya pada kemasan sejak awal. Tentukan target konsumen, dan posisi merek yang anda inginkan di benak konsumen, lalu buat kemasan yang sesuai. Karena terdiri dari bermacam produk, pastikan desain pada tiap kemasan produk anda mudah dibedakan, tapi sekaligus juga memiliki kesatuan agar konsumen mudah mengenali bahwa produk-produk tersebut sama-sama berasal dari merek yang sama.

Untuk promosi dan distribusi, jika dilakukan secara online, aktiflah berpromosi dengan cara yang baik dan tidak mengganggu kenyamanan orang lain. Perbanyak kanal distribusi lewat berbagai e-commerce dan sosial media. Saat ini banyak yang berbiaya murah, bahkan gratis. Jika distribusi secara offline dan belum memiliki toko sendiri, aktiflah ikut bazar-bazar produk UKM yang banyak diselenggarakan pemerintah maupun pihak swasta.

Sesekali buatlah program promosi penjualan, seperti promo harga khusus untuk pembelian lebih banyak, atau penjualan paket beberapa jenis produk dengan harga lebih murah, agar produk yang kurang laku bisa ikut meningkat penjualannya. Tapi hitung dengan baik, pastikan tetap ada marjin keuntungan yang cukup meskipun ada program promosi.

Selamat berbisnis Pak Syafin.

Nanang Wahyudi, Pengusaha dan Kontributor UKMSukses.com (wdl/wdl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed