Konsultasi Klinik UKM

img_list
Iim Rusyamsi, MM. Founder Komunitas TDA
Wakil Ketua Komtap Akses Informasi dan Pelatihan UMKM KADIN Indonesia Bidang UMKM, Koperasi dan Ekonomi Kreatif
Pakar Usaha Kecil Menengah UKMSukses.com
Follow detikFinance
Jumat 10 Feb 2017, 07:39 WIB

Kesulitan Cari Investor Untuk Usaha Es Krim, Simak Tips Ini

Iim Rusyamsi - detikFinance
Kesulitan Cari Investor Untuk Usaha Es Krim, Simak Tips Ini Foto: Istimewa
Jakarta - Pertanyaan: Pak Iim saya sudah punya proposal usaha yang bagus, tentang bisnis es krim yang berbentuk bunga. Saya kesulitan melangkah terkait investor, mungkinkah Pak Iim punya rekomedasi investor yang mau melihat atau menilai proposal saya. Terima kasih

Zunan Rahmawan

Jawaban: Dear Zunan,

Usaha Es Krim dengan berbentuk bunga adalah salah satu bisnis kuliner yang mengutamakan unsur kreativitas. Saat ini Industri kreatif di Indonesia sedang berkembang dan menjadi perhatian khusus pemerintah karena mampu memberikan kontribusi Pendapatan Domestik Bruto (PDB), nilai ekspor dan penyerapan tenaga kerja dengan pertumbuhan yang sangat baik.

Apalagi usaha kuliner, fashion dan kerajinan menduduki pertumbuhan tertinggi dibandingkan dengan sektor industri kreatif lainnya. Jadi sudah tepat di iklim yang positif ini Anda memulai usaha es krim yang mempunyai nilai kreativitas.

Untuk mendapatkan akses permodalan, salah satu akses adalah mengikuti program dari Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf). Bekraf mempunyai program FoodStartup Indonesia.

FoodStartup Indonesia adalah event yang menyatukan para pelaku industri kuliner pada tahap awal, professional dan akses permodalan. Anda bisa mendaftar jika produk es krim Anda mempunyai kriteria produk kuliner yang menarik, mengutamakan unsur kreativitas dan menggunakan unsur teknologi dalam pengolahan atau pemasarannya. Jika Anda terpilih, Anda akan dipertemukan oleh para investor dan pemodal.

Selain itu Anda juga dapat mencari investor dari lingkungan terdekat Anda, tawarkan untuk bekerjasama dengan Anda. Dan Anda pun harus mempunyai jejaring sesama wirausaha di komunitas agar Anda dapat bertemu dengan para investor dan pengusaha lainnya.

Anda pun bisa memanfaatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang merupakan program pemerintah untuk membantu permodalan usaha UMKM dengan bunga yang rendah. KUR disalurkan melalaui bank-bank dan koperasi.

Dan masih banyak lagi akses permodalan yang bisa Anda dapatkan seperti Lembaga Pengelola Dana Bergulir, Modal Ventura, Layanan Modal Mikro dari PNM, Program Kemitraan dari BUMN dan lain-lain.

Selamat mencoba dan jangan berhenti untuk memperlihatkan proposal Anda kepada para investor dan lembaga penyaluran modal. Semoga sukses selalu!

Kunjungi juga ukmsukses.com. (wdl/wdl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed