Baru Buka Usaha, Bisakah Langsung Terapkan Aplikasi ERP?

Rully Mardjono - detikFinance
Kamis, 01 Mar 2018 07:42 WIB
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Pertanyaan dari pembaca: Saya baru merintis usaha untuk bisnis saya masih skala UKM, tapi saya ingin menerapkan ERP mungkinkah saya menggunakan aplikasi ERP untuk usaha yang baru saya jalankan ini?

Michelle

Jawaban:
Salam Sejahtera Michelle

ERP merupakan singkatan dari Enterprise Resource Planning, suatu aplikasi manajemen bisnis yang memungkinkan sebuah organisasi terintegrasi dengan fungsi fungsi bisnisnya. Aplikasi ini digunakan oleh perusahaan untuk meng-koordinir informasi dan membantu perusahaan mengelola keseluruhan proses bisnisnya dengan menggunakan database terpusat.

Banyak keuntungan dengan menggunakan ERP antara lain meningkatkan efisiensi usaha, standarisasi proses operasi, informasi yang akurat, pelaporan secara real time dan masih banyak lagi, tentunya akan memudahkan perusahaan menjadi lebih kompetitif menghadapi persaingan.

Dahulu ERP hanya dapat digunakan oleh perusahaan besar, karena hanya perusahaan besar yang sanggup berinvestasi membeli ERP serta mendapatkan manfaat dari penggunaannya, namun seiring perkembangan teknologi yang sangat cepat, dan akses internet yang lebih mudah, manfaat dari penggunaan ERP sudah dapat dinikmati perusahaan skala kecil dan menengah atau biasa disebut juga UKM.

Saat ini sudah banyak vendor ERP yang memang menyasar produknya untuk digunakan perusahaan skala UKM dengan harga yang lebih terjangkau. Terlebih dengan adanya layanan Saas, software as services, maka perusahaan tidak perlu membeli aplikasi dan menyediakan server khusus namun cukup dengan menyewa aplikasi ERP secara bulanan, jika pun masih belum terjangkau juga, masih ada pilihan ERP gratis di internet yang dapat digunakan dengan fitur yang standar.

Kapan sebaiknya meng-aplikasikan ERP? Semakin awal perusahaan menggunakan ERP, semakin optimal keuntungan didapat, dibandingkan dengan perusahaan besar, karena jika skala perusahaan kecil akan lebih mudah dalam implementasinya, minim resistansi dari personel, data yang masih sedikit, menghemat waktu dan biaya, serta meminimalkan resiko kegagalan implementasi. jika kemudian usaha anda semakin berkembang penggunaan ERP akan semakin maksimal bagi aktivitas bisnis anda.

Semoga bermanfaat (ang/ang)