Konsultasi Klinik UKM

img_list
Iim Rusyamsi, MM. Founder Komunitas TDA
Wakil Ketua Komtap Akses Informasi dan Pelatihan UMKM KADIN Indonesia Bidang UMKM, Koperasi dan Ekonomi Kreatif
Pakar Usaha Kecil Menengah UKMSukses.com
Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 05 Jul 2019 07:39 WIB

Tips Pengembangan Usaha Tas Sangkar Burung

Iim Rusyamsi - detikFinance
Ilustrasi Foto: istimewa Ilustrasi Foto: istimewa
Jakarta - Pertanyaan dari Pembaca: Nama saya Ciswoyo. Saat ini saya memiliki usaha konveksi tas sangkar burung, untuk pemasaran hanya via online dengan omset berkisar Rp 15-20 juta/bulan dan sudah berjalan kurang lebih 2 tahun.

Saat ini saya bimbang antara mengembangkan usaha tersebut atau membuka peluang usaha baru?

Mohon saran dan solusinya. Terima kasih.

Jawaban:

Dear Pak Ciswoyo,

Usaha yang Anda jalankan yaitu usaha konveksi tas sangkar burung sudah sangat baik dan memiliki market yang spesifik (niche market) sehingga berpotensi menjadi pemain yang terbaik.

Berikut tips dari saya:

1. Baiknya sementara bisnis usaha konveksi tas sangkar burung ini Anda lanjutkan dahulu sebelum merambah dan membuka usaha yang baru karena masih baru 2 tahun dan bagusnya sudah mempunyai omzet yang cukup baik.

2. Usaha konveksi tas sangkar burung saran saya ditekuni terus hingga usaha Anda menjadi yang terbaik, menjadi market leader untuk usaha tersebut. Sehingga semua yang membutuhkan tas sangkar burung akan meminta ke usaha Anda.

3. Produk tas sangkar burung perlu Anda tambahkan inovasi dan kreativitas lagi sehingga nantinya akan lebih banyak pilihan dan variannya. Dan ini akan membuat para pelanggan senang dengan produk-produk Anda.

4. Terus jaga loyalitas pelanggan Anda saat ini, karena mereka yang akan mereferensikan produk Anda ke jaringannya dan calon pelanggan baru.

5. Jika ingin membuka peluang usaha lainnya, saran saya, bukalah yang masih sejenis dari produk ini, sehingga Anda bisa memanfaatkan sumber daya yang ada dan jejaring Anda. Temukan peluang usaha yang baru ini dengan melihat kebutuhan, permasalahan yang ada di pelanggan sehingga produk Anda yang baru akan menjadi solusi bagi mereka.

6. Tetapkanlah target omset yang lebih besar, nantinya jika memang usaha Anda ini sudah mencapai target yang Anda tetapkan tersebut dan stabil, dengan manajemen yang rapi, serta dapat berjalan secara sistematis, Anda silakan membuka peluang baru lainnya dengan tinggal meng-copy-paste sistem dan manajemen yang sekarang sudah berjalan baik.

Demikian tips dari saya, semoga berhasil dan sukses selalu.

Iim Rusyamsi

Simak Video "Tips Sukses Berbisnis ala Gibran Rakabuming"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)
Klik di sini untuk mengirimkan pertanyaan yang ingin dikonsultasikan dengan kami. Konsultasi seputar perencanaan keuangan, properti dan UKM.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com