Konsultasi Klinik UKM

img_list
Iim Rusyamsi, MM. Founder Komunitas TDA
Wakil Ketua Komtap Akses Informasi dan Pelatihan UMKM KADIN Indonesia Bidang UMKM, Koperasi dan Ekonomi Kreatif
Pakar Usaha Kecil Menengah UKMSukses.com
Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 05 Jul 2019 07:59 WIB

Peluang Bisnis untuk yang Mau Nikah Dalam Waktu Dekat

Iim Rusyamsi - detikFinance
Ilustrasi Foto: Dok Pribadi Riezka Sari Ilustrasi Foto: Dok Pribadi Riezka Sari
Jakarta - Pertanyaan dari pembaca: Saya Zikrillah Luge. Saya ingin menikah tahun ini. Planning bisnis yang tertarik, yaitu kuliner, fashion, dan budidaya. Modal yang saya miliki maksimal Rp 2 juta, target menikah awal 2020. Usaha apa yang layak dan recommended untuk mencapai target tersebut?

Jawaban:

Dear Zikrillah,

Bagus sekali Anda sudah mempunyai rencana yang baik untuk masa depan Anda, yaitu kuliah, memulai bisnis dan menikah.

Target menikah Anda tahun 2020, yang berarti hanya 1 tahun lagi, maka Anda harus memulai usahanya dari sekarang walau harus juga menyelesaikan kuliah Anda.

Anda bisa memulai bisnis sambil kuliah, dengan sesuai keminatan bisnis yang senangi. Pilihan bisnis yang Anda minati di atas yaitu: kuliner, fashion, dan budidaya adalah sangat bagus.

Anda bisa pilih salah satunya untuk memulai. Memulainya dari yang paling kecil dan sederhana namun bisa dimulai dari sekarang.

Misalnya saja Anda memilih fashion, jika Anda ada keterbatasan dana untuk modal, Anda bisa memulainya dengan menjadi agen penjualan atau reseller produk busana. Anda bisa temui teman-teman atau jaringan Anda yang mempunyai rumah produksi busana atau jenis fashion lainnya untuk Anda beli paket keagenan atau reseller.

Anda bisa menjualnya kembali secara offline atau online melalui sosial media maupun marketplace. Jika sudah berkembang Anda bisa memulainya untuk berproduksi sendiri dan memiliki brand sendiri.

Untuk kuliner Anda bisa memulainya dengan memproduksi makanan dan minuman yang sangat sederhana namun memiliki peluang yang besar karena banyaknya permintaan konsumen. Produk kulinernya tentu harus yang inovatif dan kreatif dari yang sudah ada, sehingga menjadi pembeda
dari yang lain.

Dan Anda bisa memanfaatkan penjualannya melalui marketplace yang ada seperti di layanan ojek online sehigga Anda tidak harus memiliki tempat seperti restoran, cukup untuk delivery order dahulu untuk memulainya.

Demikian tips dari saya semoga bermanfaat dan bisa untuk menjadi peluang Anda dalam memulai bisnis sesuai keminatan Anda. Selamat menjalankan.

Iim Rusyamsi

Simak Video "Tinggalkan Cara Lama, Kini Ada UKM Online"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)
Klik di sini untuk mengirimkan pertanyaan yang ingin dikonsultasikan dengan kami. Konsultasi seputar perencanaan keuangan, properti dan UKM.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed