Konsultasi Klinik UKM

img_list
Iim Rusyamsi, MM. Founder Komunitas TDA
Wakil Ketua Komtap Akses Informasi dan Pelatihan UMKM KADIN Indonesia Bidang UMKM, Koperasi dan Ekonomi Kreatif
Pakar Usaha Kecil Menengah UKMSukses.com
Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 08 Jul 2019 07:11 WIB

Tips Buka Usaha Cuci Sepeda Motor

Iim Rusyamsi - detikFinance
Ilustrasi Foto: Erliana Ryadi Ilustrasi Foto: Erliana Ryadi
Jakarta - Pertanyaan dari pembaca: Saya Fefe Jing. Tolong tanya bagaimana saya bisa mengontrol bisnis usaha cuci sepeda motor, kebetulan saya tidak bisa mempercayakan 100% kepada orang lain, dan usaha cuci sepeda motor ini tidak ada sistem stok-stokanan? Terima kasih.

Jawaban:

Dear Ibu Fefe,

Bisnis usaha cuci sepeda motor termasuk bisnis jasa yang sangat dibutuhkan oleh para pengendara motor. Berikut ini beberapa tips dari saya:

1. Dalam pengelolaan bisnis ini Anda memang harus memberikan kepercayaan kepada tim bisnis Anda. Buatlah SOP (standar operasional prosedur) dan latihlah tim bisnis agar bisa memberikan pelayanan yang terbaik untuk para pelanggan Anda sesuai SOP yang sudah disepakati.

Anda bisa mengontrol mereka dengan prosedur yang ada, sehingga mereka benar-benar menjalankan prosedur tersebut dengan baik. SOP bisa Anda buat dari hal-hal terkecil dan rutin sehingga Anda bisa mempercayai mereka dalam menjalankan pekerjaan sehari-hari. Berikan mereka reward (penghargaan) dan punishment (hukuman) yang tertuang dalam kontrak kerja.

2. Buatlah sistem yang bisa membuat Anda mengontrol jalannya usaha dengan mudah. Gunakan teknologi yang ada seperti CCTV, sistem pembukuan yang berbasiskan smartphone, sistem pelayanan dan pengaduan pelanggan, sistem database pelanggan dan lainnya.

3. Sebagai pemimpin usaha, kita juga harus memberikan contoh kepada mereka dalam pekerjaan, sehingga mereka akan menghormati Anda. dan sebagai pemilik usaha, kita juga perlu dekat dengan mereka, membangun komunikasi yang baik sehingga bisa memberikan rasa saling memiliki usaha dan saling mempercayai.

4. Sampaikanlah kepada mereka tentang visi dan misi usaha Anda, sehingga mereka mengetahui dan bisa sejalan dengan Anda. Serta juga perlu dibuat budaya kerja yang bisa disepakati bersama sehingga mereka nyaman dalam bekerja.

Budaya kerja yang tidak kita bangun sejak awal, akan membuat para karyawan merasa apa yang mereka lakukan, seperti :datang telat, melayani pelanggan dengan tidak ramah, melakukan pemborosan dan lain-lain; akan menjadi kebiasaan dan menjadi budaya. Maka dari awal siapkan budaya kerja yang kita inginkan untuk kemajuan usaha.

5. Usaha jasa cuci motor juga ada stok barangnya yang habis terpakai seperti : sabun, air, kain pengelap, cairan semir ban dan lain-lain. Stok-stok tersebut harus dikelola juga dengan baik karena jika ada pemborosan akan membuat Anda merugi. Di bisnis jasa cuci motor, Anda juga bisa menjual produk sebagai tambahan pendapatan Anda, seperti minuman, snack, aksesoris motor, helm, jaket motor dan lain-lain.

Demikian tips dari saya, semoga sukses untuk usaha cuci motornya.

Iim Rusyamsi



Simak Video "Tips Sukses Berbisnis ala Gibran Rakabuming"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)
Klik di sini untuk mengirimkan pertanyaan yang ingin dikonsultasikan dengan kami. Konsultasi seputar perencanaan keuangan, properti dan UKM.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com