Konsultasi Klinik UKM

img_list
Iim Rusyamsi, MM. Founder Komunitas TDA
Wakil Ketua Komtap Akses Informasi dan Pelatihan UMKM KADIN Indonesia Bidang UMKM, Koperasi dan Ekonomi Kreatif
Pakar Usaha Kecil Menengah UKMSukses.com
Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 28 Agu 2019 06:32 WIB

Masih Bingung Mau Bikin Bisnis Apa? Coba Baca Ini Dulu

Iim Rusyamsi - detikFinance
Iim Rusyamsi. Foto: Istimewa Iim Rusyamsi. Foto: Istimewa
Jakarta - Pertanyaan dari pembaca: Nama saya Lukas William Andypratama. Saya mau tanya, apa langkah awal dalam memulai sebuah bisnis? Saya ada beberapa ide di pikiran saya. Pertimbangan apa yang harus diambil dalam memulai sebuah bisnis, sehingga saya bisa fokus ke depannya? Terima kasih.

Jawaban:

Dear Lukas,

Jika ada sudah memutuskan untuk memulai bisnis dan juga sudah mempunyai beberapa ide bisnis, maka yang harus dilakukan adalah untuk segera dapat mewujudkan bisnis itu bisa berjalan.

Beberapa pertimbangan yang bisa dilakukan agar ide bisnis tersebut bisa berjalan, ini masukkan dari saya, sebagai berikut:

- Pilih satu ide bisnis yang sudah ada miliki, yang dapat anda jalankan saat ini, dengan melihat dukungan sumber daya yang anda miliki, seperti: keterampilan diri, keminatan, teman-teman yang
berpotensi akan membantu, perlengkapan yang dimiliki, modal dana, target pembeli yang sudah dapat anda tetapkan.

- Buatlah satu atau lebih produk yang dapat anda pasarkan. Produk tersebut harus ada nilai tambah dan berbeda dengan yang sudah ada. Sehingga produknya dapat menjadi pilihan para pembeli yang sudah anda targetkan.

- Amati juga dari para pelaku bisnis dari ide dan produk yang sama dengan anda. Pelajari produk dan prilaku pelanggan mereka, carilah kelemahannya sehingga akan menjadi kekuatan anda dan menjadi nilai tambah dan pembeda dari produk anda

- Perhitungkan jumlah produksi dan proses produksinya secara mendalam, sehingga produk anda siap untuk dipasarkan dan memenuhi kapasitas kebutuhan pembeli.

- Buat anggaran biaya-biaya diawal usaha yaitu biaya investasi, biaya produksi dan biaya operasional sehingga anda bisa memperhitungkan laba/rugi di awal usaha.

- Setiap usaha pasti ada resiko, anda juga harus mempertimbangkan langkah strategis untuk mengurangi kemungkinan resiko yang ada

- Bergabung dengan komunitas usaha/bisnis yang ada, untuk anda mempunyai lingkungan yang saling mendukung dalam berwirausaha.

- Carilah mentor bisnis sesuai ide bisnis yang ingin anda jalankan, karena seorang mentor akan membimbing anda sesuai dengan pengalamannya membangun usaha yang sama dengan ide bisnis anda.

Demikian beberapa masukkan dari saya, semoga bermanfaat dan sukses dalam berbisnis.

Salam

Simak Video "Grab dan Bekraf Latih 400 Pengusaha Mikro Kelola Bisnis Digital"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)
Klik di sini untuk mengirimkan pertanyaan yang ingin dikonsultasikan dengan kami. Konsultasi seputar perencanaan keuangan, properti dan UKM.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com