Konsultasi Perencanaan Keuangan

img_list
Koki Duit Rencana Keuangan untuk Hidup yang Lebih Baik
Follow detikFinance
Selasa 07 Jun 2016, 11:45 WIB

Ini Tips Kelola Uang Bulanan Mahasiswa Rantau

Eko Endarto - detikFinance
Ini Tips Kelola Uang Bulanan Mahasiswa Rantau Foto: Dok. Finansia Consulting
Jakarta - Perkenalkan saya Meika 18 tahun seorang mahasiswa di Jawa Tengah. Saya baru saja masuk kuliah, dan saat ini saya sedang belajar untuk mengelola uang sendiri (karena tiap bulan orang tua mengirimkan semua kebutuhan hidup bulanan saya).

Nah, pertanyaannya bagaimana sih kita mengatur uang kost itu? Saya takut mengecewakan orang tua saya kalau saya salah mengelola uang sehingga uang kiriman itu jadi tidak cukup.

Meika – Purwokerto

Jawaban:
Halo Meika yang baik,
Senang juga bisa mengenal Anda. Selamat ya Anda saat ini sudah menjadi mahasiswi. Pasti senang ya. Dan saya yakin kedua orang tua juga bangga dengan Anda.

Mengelola keuangan sebagai anak kost pada dasarnya tidak berbeda dengan pengelolaan keuangan lainnya .

Yang pertama harus Anda perhatikan adalah tentukan kebutuhan Anda baik sebagai anak kost atau sebagai mahasiswi. Apakah status Anda sebagai mahasiswi dan anak kost berbeda kebutuhannya? Ya tentu saja Meika.

Kalau sebagai anak kost, kebutuhan Anda adalah untuk memenuhi kebutuhan utama Anda agar tetap bisa hidup selama Anda masih kost. Misalnya, kebutuhan makan bulanan, transportasi, uang kost, hiburan dan sebagainya.

Tapi sebagai mahasiswi, kebutuhan yang harus diperhatikan adalah yang berhubungan dengan studimu misalnya kebutuhan buku, fotokopi, uang praktikum, kursus penunjang dan sebagainya.

Nah, kalau Anda sudah bisa membagi dan bisa menentukan besaran jumlahnya, maka akan dengan mudah Anda menentukan berapa besar kebutuhan bulanan Anda.

Yang kedua yang harus diperhatikan adalah lakukan prioritas. Setelah kita mengetahui kebutuhan bulanan kita, ada kalanya jumlah tersebut lebih besar dari yang biasanya dikirim tiap bulan oleh orang tua kita.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Ya itu tadi Meika, lakukan prioritas. Mungkin memang semua adalah kebutuhan kita. Tapi pasti ada beberapa bagian yang bisa kita buat prioritas dalam penggunaannya.

Misalnya, kalau dalam kebutuhan sebagai anak kost, Anda bisa memprioritaskan kebutuhan makan dibandingkan belanja, atau mementingkan transportasi daripada hiburan.

Sedangkan Anda sebagai mahasiswi, tidak ada salahnya Anda mementingkan buku kuliah dibandingkan beli baju terbaru atau mementingkan uang kursus dibandingkan sebuah gadget baru dan sebagainya.

Dan yang ketiga, kalau kedua hal di atas sudah dilakukan ternyata masih kurang, mungkin memang Anda harus berhemat. Bukan berarti mengurangi lho, berhemat berati mendapatkan yang hampir sama dengan harga yang lebih murah.

Misalnya dari pada Anda mengeluarkan uang transportasi, kenapa tidak kost yang dekat kampus sehingga tidak harus banyak keluar uang transportasi, atau memanfaatkan perpustakaan daripada harus beli buku.

Ok ya Meika, semoga bisa membantu. Selamat mengelola uang kostnya. (ang/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed