Konsultasi Perencanaan Keuangan

img_list
Koki Duit Rencana Keuangan untuk Hidup yang Lebih Baik
Follow detikFinance
Selasa 14 Jun 2016, 07:24 WIB

Ini Sisi Jeleknya Kalau Sudah Menikah Masih Tinggal Bersama Orang Tua

Eko Endarto - detikFinance
Ini Sisi Jeleknya Kalau Sudah Menikah Masih Tinggal Bersama Orang Tua Foto: Dok. Finansia Consulting
Jakarta - Bapak Eko, saya ingin minta pendapat bapak mengenai kondisi saya. Saya dan keluarga masih tinggal dengan orang tua saya. Nah menurut Anda apa sisi baik dan sisi buruk kehidupan saya bila dilihat dari sisi keuangan?

Rudi - Batam

Jawaban:
Senang mendapatkan email dari Anda, seperti yang Anda sebutkan juga, hidup dengan orang lain termasuk orang tua memang nyaman, di mana Anda sepertinya lepas dari masalah yang harus dihadapi orang lain.

Tapi harus Anda sadari kehidupan yang nyaman kadangkala malah membuat kita menjadi tidak teruji khususnya di keuangan. Beberapa hal yang menjadi kekurangan karena tinggal bersama orang tua adalah :

1. Tidak punya aset atau kekayaan
Ketika Anda tinggal bersama orang tua, maka Anda menjadi tidak memiliki aset karena semua asset adalah milik orang tua bukan milik Anda. Coba perhatikan di sekitar Anda, mana yang menjadi milik Anda? Kalaupun ada sebagian besar adalah aset yang bersifat konsumtif di mana aset konsumtif tadi bukanlah aset yang baik untuk kekayaan.

2. Gaya hidup tinggi
Nah kekurangan lain adalah tanpa sadar gaya hidup kita biasanya menjadi tinggi. Kenapa tinggi? Karena penghasilan yang Anda peroleh saat ini menjadi hanya digunakan untuk konsumsi, yang artinya seolah-olah semuanya boleh dihabiskan. Ke depannya ini akan menjadi masalah bila Anda akan tinggal berpisah dengan orang tua, karena akan lebih sulit menurunkan biaya hidup dibandingkan menaikkannya.

3. Tidak ada Investasi
Nah ini yang lebih berat, karena merasa semua nyaman, maka Rudi tanpa sadar akan menghabiskan semua dana untuk konsumsi tanpa ada investasi. Padahal Anda juga harus memikirkan masa depan kan ya. Seperti pemilikan rumah, menyekolahkan anak dan sebagainya.

Dengan semua kekurangan tadi, bukan berarti pindah adalah jalan keluar yang tercepat ya, tapi saran saya mumpung Anda dalam kondisi nyaman cobalah untuk melakukan hal ini :

1. Sisihkan
Ambil sebagian dari dana penghasilan untuk masa depan, setiap gajian minta pihak bank untuk menyisihkannya menjadi produk investasi.

2. Properti untuk masa depan
Persiapkan juga rumah sebagai salah satu tujuan Anda dan keluarga. Gunakan kondisi tinggal dengan keluarga sebagai kelebihan karena Anda lebih mudah melakukan cicilan untuk pembelian secara kredit.

3. Gaya Hidup
Berusahalah untuk menemukan gaya hidup pribadi Anda yang disesuaikan dengan penghasilan Anda. Sehingga ketika nanti Anda harus masuk kekehidupan "real" Anda tidak dikagetkan oleh semua biaya-biaya tadi.

(ang/ang)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed