Konsultasi Perencanaan Keuangan

img_list
Koki Duit Rencana Keuangan untuk Hidup yang Lebih Baik
Follow detikFinance
Selasa 12 Jul 2016, 08:05 WIB

Tips Untuk Karyawan yang Ingin Dapat Gaji Tambahan

Eko Endarto - detikFinance
Tips Untuk Karyawan yang Ingin Dapat Gaji Tambahan Foto: Dok. Finansia Consulting
Jakarta - Pertanyaan: Sebagai PNS saya cukup bersukur dengan apa yang telah saya peroleh walaupun itu cuma pas-pasan. Sebagai pegawai seperti saya, apa yang bisa saya lakukan untuk mencari penghasilan tambahan guna meningkatkan penghasilan saya?

Giyono – Sukabumi

Jawaban:
Halo Pak Giyono,
Pada dasarnya ada dua cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan, yaitu bekerja untuk orang lain sebagai karyawan atau berusaha sendiri.

Nah biasanya sebagai karyawan seperti Pak Giyono, agaknya cukup sulit untuk bekerja lagi sebagai karyawan di tempat lain. Sebab waktu yang Anda miliki sangat sedikit yaitu hanya akhir minggu. Jadi mungkin agak sulit mendapatkan perusahaan yang memperkenankan Anda untuk masuk hanya Sabtu Minggu.

Mungkin yang bisa Anda lakukan adalah dengan bekerja sendiri atau membuka usaha sendiri.

Bagaimana caranya?
Secara umum ada 3 hal yang bisa Anda lakukan yaitu:

1. Manfaatkan keahlian Anda

Misalnya kalau Anda pintar berbahasa Inggris, mungkin ini saat yang tepat untuk buka kursus di waktu senggang Anda

2. Manfaatkan Hobi Anda.
Anda suka menulis, cobalah untuk membuat tulisan atau mungkin cerita-cerita pendek yang menarik, coba kirim ke media siapa tahu menghasilkan ya nggak Pak Giyono.

3. Manfaatkan aset Anda
Aset apa yang Anda miliki? Nggak usah bicara aset besar, misalnya saja Anda punya HP. kenapa ngga dioptimalkan dengan menjadikannya sebagai sarana bisnis? Bisa saja kan Anda menjadi broker baik itu properti, kendaraan, dan sebagainya.

Nah itu 3 di antara banyak hal yang bisa Anda lakukan.

Yang penting Pak Giyono, cobalah memaksimalkan semua hal yang Anda miliki dulu dan jangan terlalu cepat mencari sumber modal dari luar.

Namun satu hal pasti yang harus selalu diingat, karena ini sifatnya sebagai tambahan, jangan heran kalau hasilnya tidak akan sebesar penghasilan gaji Anda awalnya. Tapi jangan kaget juga bila telah berhasil ternyata gaji Anda hanya sebagai pelengkap penghasilan Anda sebagai pengusaha.

Selamat mencoba. (wdl/wdl)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed