Konsultasi Perencanaan Keuangan

img_list
Koki Duit Rencana Keuangan untuk Hidup yang Lebih Baik
Follow detikFinance
Jumat 22 Jul 2016, 08:13 WIB

Mau Beli Mobil, Mending Kredit atau Tunai?

Eko Endarto - detikFinance
Mau Beli Mobil, Mending Kredit atau Tunai? Foto: Dok. Finansia Consulting
Jakarta - Pertanyaan
Yth Pak Eko Endarto di Jakarta
Saya sudah cukup lama mengikuti bahasan Anda di media ini. Tapi baru kali ini berani menulis pertanyaan untuk Bapak. Mohon di balas ya Pak. Saya mau tanya, kita semua tahu dan pasti mendengar bahwa suku bunga perbankan saat ini cenderung turun. Nah kebetulan saya dan suami berencana untuk membeli kendaraan roda empat.

Kalau menurut Anda, lebih baik mana saya beli secara cash atau secara kredit saja?

Memang sih saya punya cash-nya. Tapi dengan adanya kecenderungan bunga turun saya jadi ingin kredit aja soalnya kan bayarnya jadi ringan. Begitu saja Pak, mohon maaf kalau pertanyaan saya ada yang salah.

Salam
Ibu Murni di Pontianak

Jawaban: Ibu M yang baik,
Senang menerima surat dari Anda, dan sekaligus mengetahui Anda sudah berani menyapa saya melalui tulisan di media ini. Memang Bu, akhir-akhir ini bunga perbankan cenderung turun, bahkan beberapa hari yang lalu pemerintah kembali mengumumkan terjadinya penurunan suku bunga SBI (Sertifikat Bank Indonesia) yang pasti diikuti pula dengan penurunan suku bunga simpanan dan pinjaman.

Secara umum memang saat ini adalah saat yang baik bagi kita yang akan meminjam dana. Sebab kemungkinan suku bunga pinjaman akan turun dan lebih rendah dari bulan-bulan sebelumnya.

Tapi apakah itu berarti meminjam adalah jalan paling baik?

Bu, kalau memang Anda memiliki dana tunai yang cukup untuk membeli kebutuhan Anda, saya sarankan tetap secara tunai atau cash.

Mengapa demikian? Sebab bila Anda melakukan kredit, maka akan ada 2 hal yang menjadi beban Anda yaitu beban bunga dan beban denda bila Anda terlambat bayar.

Tapi kan bunga cenderung turun jadi kita ringan. Benar Bu, bunga memang cenderung turun dan pembayaran bulanan Anda jadi ringan. Nah makanya saya malah anjurkan Anda untuk membelinya secara cash.

Lho kok?
Ya kalau pertimbangan Anda hanya bunga, Anda pun pasti tidak tahu sampai kapan bunga akan turun. Nah kalau Anda ambil sekarang tapi ternyata bunga turun lagi maka tujuan Anda untuk cicilan ringan tidak tercapai. Hal ini.karena bunga pinjaman khususnya kendaraan biasanya berbunga tetap (flat). Jadi walaupun bunga pinjaman di pasaran turun, bunga pinjaman yang sudah berjalan tidak turun.

Jadi misalnya Anda mengambil kredit bulan September ini dan dikenakan bunga 2% per bulan, kalau ternyata di bulan Oktober besok bunga diturunkan lagi oleh pemerintah, Anda tidak merasakan dampaknya sebab bunga yang berlaku untuk pinjaman Anda adalah tetap 2% seperti perjanjian awal.

Kalau itu yang terjadi kan payah Bu. Maunya untung malah buntung ya nggak.

Jadi pada intinya, kredit adalah alternatif pembayaran yang bisa Anda ambil hanya bila Anda memang tidak memiliki dana yang cukup. Sebab pada dasarnya kredit memang diciptakan untuk itu.

Oke Ibu M di Pontianak, selamat menikmati mobil barunya.

Salam
Eko (wdl/wdl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed