Konsultasi Perencanaan Keuangan

img_list
Koki Duit Rencana Keuangan untuk Hidup yang Lebih Baik
Follow detikFinance
Rabu 10 Aug 2016, 08:18 WIB

Mau Investasi Tapi Takut Rugi

Eko Endarto - detikFinance
Mau Investasi Tapi Takut Rugi Foto: Dok. Finansia Consulting
Jakarta - Pertanyaan:
Dengan Hormat, saya seorang karyawan yang telah bekerja sejak tahun 2008, artinya sudah sekitar 16 tahun saya bekerja. Kalau mau jujur, belum ada satu pun investasi yang saya miliki selain produk bank. Ini karena saya tidak mau dana yang saya investasikan menjadi kerugian. Menurut Bapak benarkah yang saya lakukan?

Rudi PK
Balikpapan – Kaltim

Jawaban:
Halo Rudi,
Senang mendengar Anda mempelajari investasi. Takut dengan kerugian itu hal yang sangat wajar, kalau Anda nggak takut dengan kerugian saya malah was-was apakah Anda termasuk seperti investor pada umumnya.

Investasi memang bukan suatu kepastian, tapi di sinilah kelebihannya dibandingkan dengan produk lainnya. Misalnya kalau Rudi menabung; memang hasilnya pasti ada dan ketahuilah uang Rudi tadi juga pasti akan berkurang nilainya karena adanya inflasi. Artinya pasti dapat hasil di satu sisi, tapi pasti rugi juga di sisi lainnya.

Untuk kasus Rudi, sayang sekali Rudi takut uangnya hilang di investasi, padahal sudah 16 tahun uang Rudi benar-benar hilang. Ya nggak? Ketika penghasilan Rudi nggak jadi apa pun yang berupa aset maka sama saja uang Rudi hilang dong karena inflasi.

Memang saya nggak akan berkata bahwa dengan investasi pasti Rudi akan untung atau Rudi akan mendapatkan tambahan aset. Sebab jujur saja, saya juga nggak tahu apa yang akan terjadi di depan kelak.

Namun,Saya hanya bisa katakan bahwa sejarah membuktikan mereka yang melakukan investasi lebih nyaman hidupnya di masa datang dibandingkan mereka yang tidak. Minimal aset mereka akan bertambah karena selama ini hasil investasi lebih tinggi dibandingkan inflasi.

Nah karena Rudi baru akan mulai, saran saya:

1. Jangan Tunggu
Jangan menunggu karena nggak ada yang tahu apakah ke depan akan baik atau buruk. Ketika Rudi berinvestasi memang ada kemungkinan buruk yang terjadi tapi yang baik juga akan ada. Namun kalau Rudi nggak investasi, maka keburukan yang pasti.

2. Jangan gegabah
Hati-hati. Tujuan dari rubrik ini dibuat salah satunya adalah supaya teman-teman punya sarana untuk bertanya melalui www.detik.com agar tidak salah langkah. Rudi harus banyak bertanya dan belajar sebelum memutuskan. Pelajari dengan benar apa kelebihan dan kekurangannya.

3. Jangka panjang
Kalau Rudi mau investasi, bersiaplah untuk jangka panjang bukan jangka pendek. Sama seperti Anda melakukan perjalanan, yakinlah dengan kendaraan yang digunakan bisa membantu Rudi mencapai tujuan.

Karena investasi jangka panjang maka tidak benar bila menilainya dengan prestasi dan keadaan sesaat. Biarkan investasi tadi bekerja dan percaya dengan selalu melakukan evaluasi secara periodik. (wdl/wdl)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed