Konsultasi Perencanaan Keuangan

img_list
Koki Duit Rencana Keuangan untuk Hidup yang Lebih Baik
Follow detikFinance
Jumat 12 Aug 2016, 07:43 WIB

PNS Ingin Tumbuhkan Naluri Bisnis, Begini Caranya

Eko Endarto - detikFinance
PNS Ingin Tumbuhkan Naluri Bisnis, Begini Caranya Foto: Dok. Finansia Consulting
Jakarta - Pertanyaan dari Pembaca: Saya seorang pegawai negeri. Dulu waktu saya baru lulus perguruan tinggi rasa optimis dalam bisnis begitu tinggi. Setelah menjadi PNS kok jadi penakut. Bagaimana cara menumbuhkan karakter dan naluri bisnis?

Salam-Imron

Jawaban

Halo Pak imron, salam kenal.
Harus diakui kita memang memiliki banyak keinginan sebagai manusia dan itu wajar saja. Bila dulu saat Anda belum merasakan kenyamanan maka Anda merasa bahwa melakukan bisnis tidak masalah karena tidak ada risiko kenyamanan yang akan Anda korbankan.

Namun lain ceritanya ketika Anda sudah memiliki status dan dinyamankan dengan status tadi. kita menjadi mengerti bahwa bisnis memiliki risiko yaitu hilangnya kenyamanan Anda.

Nah bagaimana menghilangkan ketakutan dan menumbuhkan lagi naluri Anda dulu?

Sederhana saja Pak Imron, kalau Anda perhatikan seekor kucing yang berani mencuri makanan di atas meja, mungkin kucing itu tahu bahwa kalau tertangkap pemilik rumah maka dia bisa dipukul atau lebih parah dari itu.

Tapi kenapa kucing itu tetap berani mencuri? Karena yang menjadi perhatian dia bukan seandainya dia dipukul tapi seandainya dia mendapatkan makanan yang ada di atas meja.

Nah sama dengan Anda, bukan artinya saya minta Anda mencuri makanan ya, tapi cobalah untuk fokus ke hasil yang akan diperoleh dengan berbisnis lebih besar dibandingkan risiko yang bisa terjadi.

Nah dengan demikian kita termotivasi untuk mencoba melakukan bisnis itu. Risiko? Pasti ada, hanya saja risiko tadi bisa dihilangkan.

Sama seperti kucing tadi, untuk mengurangi risiko ia akan naik ke atas meja hanya saat dia tahu pemilik rumah sedang lengah atau tidak ada dirumah.

Salam (ang/ang)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed