Konsultasi Perencanaan Keuangan

img_list
Koki Duit Rencana Keuangan untuk Hidup yang Lebih Baik
Follow detikFinance
Senin 19 Sep 2016, 09:25 WIB

Umur 25 Tahun, Baguskah Persiapkan Pensiun Lewat Deposito?

Eko Endarto - detikFinance
Umur 25 Tahun, Baguskah Persiapkan Pensiun Lewat Deposito? Foto: Dok. Finansia Consulting
Jakarta - Pertanyaan Pembaca: Saya ingin konsultasi, umur saya masih 25 tahun, saya berniat buka deposito untuk jangka waktu yang lama. Apakah hal ini baik untuk keuangan nanti saat saya pensiun?

Denis Prasetia

Jawaban:

Dear Denis.

Senang mendapatkan email dari Anda. apalagi dari seseorang yang usianya masih sangat muda dan sedang berusaha mencari dan mendapatkan yang lebih baik.

Kalau Denis perhatikan, deposito adalah produk keuangan perbankan yang menawarkan hasil lebih tinggi dari tabungan, namun masih di bawah inflasi.

Artinya uang Denis tetap tidak tumbuh walaupun jumlahnya bertambah. Yah seperti pohon, bertambah besar tapi ngga ada buahnya. Nah untuk mendapatkan hasil yang lebih tinggi dari inflasi maka pakailah produk investasi seperti reksa dana, saham dan lainnya.

Memang produk ini berisiko, bahkan bisa dikatakan risikonya tinggi. Namun karena Denis baru akan menggunakannya untuk waktu yang lama, maka risikonya bisa diminimalkan dengan jangka waktu yang lama tadi. Sebab walau pun ada kemungkinan turun, namun secara historis produk ini akan memberikan hasil positif dan lebih tinggi dari inflasi kelak.

Jadi kalau tujuannya untuk menumbuhkan kekayaan, tidak digunakan dalam waktu dekat dan sesuai dengan profil risiko Denis yang relatif muda, maka saran saya tidak di deposito. Tapi Anda tetap butuh deposito sebagai bagian dari seluruh portofolio investasi Denis. Deposito tersebut sangat berguna untuk dana cadangan dan dana darurat.

Salam (ang/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed