Konsultasi Perencanaan Keuangan

img_list
Koki Duit Rencana Keuangan untuk Hidup yang Lebih Baik
Follow detikFinance
Selasa 20 Sep 2016, 06:57 WIB

Ini 3 Prinsip Dasar Kelola Uang yang Baik Untuk Anda

Eko Endarto - detikFinance
Ini 3 Prinsip Dasar Kelola Uang yang Baik Untuk Anda Foto: Dok. Finansia Consulting
Jakarta - Pertanyaan:
Boleh saya dijelaskan bagaimana mengelola keuangan untuk usaha secara ringkas dan jelas ?
Budiono – Blora

Jawaban:
Salam Pak Budiono,
Mengelola keuangan usaha sebenarnya sama dengan pengelolaan uang pribadi, karena tujuannya sama yaitu mencapai kesejahteraaan. Usaha yang bagus tapi pengelolaan gagal akan membuat usaha tidak berkembang dan akhirnya akan hancur juga. Oleh karenanya pengelolaan itu penting dalam usaha. Apa saja hal penting yang harus diperhatikan? Kalau mau dibahas semuanya akan banyak sekali. Tapi menurut saya 3 hal ini adalah yang utama:

1. Pisahkan uang pribadi dan usaha
Ini hal dasar yang harus Anda lakukan, buat pembukuan yang jelas antara uang usaha dan uang pribadi. Tidak boleh terjadi pengeluaran pribadi dikeluarkan dari dana usaha dan begitu pula sebaliknya, sebab kedua sisi tadi memiliki kepentingan berbeda. Pengeluaran pribadi biasanya didominasi oleh pengeluaran konsumtif. Artinya pengeluaran tadi biasanya tidak akan pernah bisa kembali memberikan hasil. Sedangkan pengeluaran usaha biasanya bersifat produktif dan investasi. Karenanya bila keuangan ini dicampurkan maka nggak heran bisnis Anda akan hancur.

2. Buat Pencatatan
Aturan sederhana dan sangat simpel. Selalu konsisten dan disiplin dengan pencatatan. Keuangan usaha biasanya berhubungan dengan pihak luar, sehingga ketika kita salah melakukan pencatatan bisa mengakibatkan fatal di bisnis. Misalnya kita tidak membuat catatan barang atau uang yang masuk, akibatnya kredibilitas kita di mata pelanggan dan pemasok bisa rusak. Belum lagi bila kita memiliki karyawan, pencatatan akan mengurangi kemungkinan kita dicurangi atau ditipu oleh karyawan.

3. Atur arus kas
Dalam usaha, salah satu hal terpenting dan menjadi darahnya adalah kas atau uang tunai. Uang kas yang cukup dan terjaga, membuat kita bisa bergerak dengan mudah di bisnis. Pembelian bahan, pembayaran tagihan dan bisa jadi kepercayaan setiap pihak yang berhubungan dengan bisnis menjadi baik. Sebab siapa sih yang tidak senang bila pembayaran selalu tepat waktu, atau utang yang tidak pernah telat bayar.

Jadi pengelolaan dalam usaha itu penting. Mulailah dengan 3 hal di atas sebelum yang lainnya. (wdl/wdl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed