Konsultasi Perencanaan Keuangan

img_list
Koki Duit Rencana Keuangan untuk Hidup yang Lebih Baik
Follow detikFinance
Senin 26 Sep 2016, 07:52 WIB

Punya Gaji Rp 12 Juta Cicilan KPR Rp 7 Juta, Amankah?

Eko Endarto - detikFinance
Punya Gaji Rp 12 Juta Cicilan KPR Rp 7 Juta, Amankah? Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Pertanyaan dari pembaca: Umur saya 24 tahun, lajang dan saat ini ingin membeli rumah KPR. Untuk DP saya juga meminjam sehingga jika ditotal cicilan saya perbulan Rp 7 juta selama 25 tahun, sedangkan gaji saya Rp 12 juta. Saya tinggal di Jakarta, apakah bapak rekomen dengan pilihan saya dengan cicilan sebesar itu?

Jawaban:
Asset properti berbeda dengan asset lainnya. di negara kita, properti masih sebagai aset yang baik karena cenderung meningkat nilainya. Dengan kondisi Anda, memang agak terlalu dipaksakan dengan angsuran Rp 7 juta per bulan sementara penghasilan Rp 12 juta per bulan.

Artinya lebih dari 50% dari penghasilan Anda untuk cicilan utang. Sementara idealnya hanya maksimal 30% atau kalau itu termasuk KPR maka besarannya boleh sampai 40%.

Risiko yang akan Anda hadapi bila dipaksakan adalah akan ada prioritas lain yang pasti dikorbankan. misal Anda tidak bisa memiliki investasi padahal itu penting, juga proteksi yang melindungi Anda.

Jadi kalau boleh saya sarankan, tunggu beberapa waktu lagi sampai dengan cicilan maksimal 40%, atau mencari alternatif properti lain yang nilainya di bawah yang saat ini. (ang/ang)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed