Konsultasi Perencanaan Keuangan

img_list
Koki Duit Rencana Keuangan untuk Hidup yang Lebih Baik
Follow detikFinance
Senin 19 Dec 2016, 08:06 WIB

Mau Pensiun Dini, Uang Pesangonnya Untuk Apa Ya?

Eko Endarto - detikFinance
Mau Pensiun Dini, Uang Pesangonnya Untuk Apa Ya? Foto: Dok. Finansia Consulting
Jakarta - Pertanyaan:
Apa yang sebaiknya saya lakukan dengan uang pesangon saya? Saya 3 bulan lagi memutuskan untuk mengambil pensiun dini karena perusahaan membuka kesempatan untuk itu dan saya kira akibat krisis perusahaan saya juga tidak akan bertahan lama.

Jadi sebelum yang terjelek terjadi (perusahaan bangkrut dan tidak punya uang bayar pesangon), maka saya putuskan ambil bagian. Apa yang saya harus lakukan dengan uang saya?

Rona - Karawang

Jawaban:
Wah keputusan yang berani ya, mengambil pensiun dini. benar-benar membutuhkan pemikiran mendalam. Pengelolaan uang pesangon sangat dipengaruhi oleh apa tujuan atau jalan yang dipilih Rona setelah mengambil program tadi. Pada dasarnya ada 3 program yaitu bekerja lagi, tidak bekerja dan menikmati saja sisa hidup, atau membuka bisnis. Mana pilihan Rona ?

Saran saya, kalau mau bekerja lagi, perbesar porsi investasi di produk keuangan misalnya di reksa dana, emas, dan sebagainya. Bila memutuskan untuk menikmati hidup, harus bisa diperhitungkan matang investasi dan kebutuhan hidup Rona. Tapi ini tidak saya sarankan kalau Rona masih muda ya. Ini berlaku untuk mereka yang mengambil pensiun dipercepat, karena pensiun normalnya sebentar lagi terjadi.

Jadi asumsi saya mereka memiliki asset cukup untuk memenuhi kebutuhannya. Atau kalau Rona mau usaha, sebaiknya jangan berinvestasi lagi ke produk yang berisiko. Karena bisnis sudah merupakan investasi berisiko, jadi Rona cukup punya tabungan atau deposito untuk persiapan jangka pendek atau menengah.

Sebagai gambaran, ketika Rona memutuskan untuk membuka sebuah warung kelontong misalnya atau franchise salah satu bisnis, maka bukan hal yang bijak bila Rona juga menginvestasikan ke produk keuangan saham, karena bisnis dan saham memiliki karakteristik risiko yang hampir sama, meskipun dari bisnis yang berbeda.

Mungkin belum lengkap ya Rona, karena memang saya juga tidak mendapatkan secara detil seluruh keuangan Rona. Tapi secara umum hal tersebut yang sebaiknya Rona lakukan yaitu ketahui dulu apa yang akan dilakukan setelah ambil program, sehingga akan mudah mengalokasikan dana Anda. Oh ya, saya terbuka apabila Rona lain waktu akan menulis email lagi ke kami.

Salam (wdl/wdl)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed