Konsultasi Perencanaan Keuangan

img_list
Koki Duit Rencana Keuangan untuk Hidup yang Lebih Baik
Follow detikFinance
Selasa 20 Dec 2016, 07:19 WIB

Tips Agar Tidak Boros Saat Liburan

Eko Endarto - detikFinance
Tips Agar Tidak Boros Saat Liburan Foto: Dok. Finansia Consulting
Jakarta - Pertanyaan: Perkenalkan saya Dewi yang senang mengikuti pembahasan tentang keuangan yang Anda sampaikan. Saat ini saya semester 5 di salah satu perguruan tinggi.

Nah saat liburan seperti ini, saya biasanya sangat boros sampai-sampai ortu saya memarahi saya karena pengeluaran yang saya minta untuk mengisi liburan selalu bertambah. Bagaimana agar liburan menjadi tidak boros ?

Dewi - Semarang

Jawaban:
Halo Dewi,

Wah selamat berlibur ya, sebenarnya liburan memang saatnya untuk menghabiskan uang. Karena yang namanya liburan sangat jarang kita isi dengan kegiatan yang produktif.

Jadi memang sudah benar kalau Dewi mengeluarkan uang untuk liburan. Namun yang menjadi masalah adalah tidak benar juga kalau tiap liburan pengeluaran menjadi sangat membengkak, karena uang yang orang tua Dewi cari juga bukan hanya untuk liburan kan.

Nah kalau saya boleh sarankan, alangkah baik bila Dewi juga mempersiapkan sendiri dana liburannya. Caranya adalah dengan menyisihkan uang jajan dewi yang diberikan tiap bulan. memang sih tidak banyak. Namun minimal dapat membantu orang tua misalnya kalau mau keluar kota tiket bisa disiapkan dari penyisihan uang jajan Dewi tadi. Atau bisa juga tiket dari orang tua dan uang jajan dari tabungan. Jadi cukup membantu kan Dewi.

Selain itu, walaupun saya mengerti bahwa pelajaran di universitas cukup padat, namun bukan berarti tidak ada kesempatan untuk sedikit bekerja untuk mencari penghasilan. Saat ini sangat dimungkinkan Dewi bisa mendapatkan penghasilan dari banyak tempat. Dunia online sekarang tanpa batas. Bukan hanya keluasan informasi, namun juga keluasan sumber.

Sebagai contoh, dulu walaupun kita memiliki kemampuan tinggi di satu bidang misalnya fotografi tidak akan mudah menjadikannya sebagai sumber penghasilan karena pasarnya terbatas. namun sekarang bila Dewi bisa fotografi, banyak tempat bagi Dewi untuk memamerkan kemampuan Dewi sehingga kemungkinan menjadikannya sebagai sumber penghasilan lebih besar.

Dan satu lagi yang paling penting mengenai liburan. Liburan sebenarnya bukanlah kegiatan yang mendadak karena Dewi pasti sudah tahu sejak awal kapan liburan di universitas Dewi dilakukan. jadi mulailah untuk merencanakan liburan Dewi ya, sehingga dana yang dibutuhkan lebih jelas.


(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed