Konsultasi Perencanaan Keuangan

img_list
Koki Duit Rencana Keuangan untuk Hidup yang Lebih Baik
Follow detikFinance
Selasa 17 Jan 2017, 07:28 WIB

Pengusaha Tidak Bisa Menabung, Apa Solusinya?

Eko Endarto - detikFinance
Pengusaha Tidak Bisa Menabung, Apa Solusinya? Foto: Dok. Finansia Consulting
Jakarta - Pertanyaan dari Pembaca: Senang bisa mengenal Anda, saya Eden, cukup sering mengikuti kolom keuangan, dan saat ini ingin mencoba bertanya.

Saya seorang pengusaha kecil, dan seperti yang kita semua ketahui penghasilan pengusaha tidak tetap. Dan itu juga terjadi dengan saya. Akibatnya ya bisa diduga tidak ada tabungan di rekening saya.

Bagaimana sebaiknya saya mengatur keuangan supaya bisa menabung? Apalagi yang saya perlukan selain menabung?

Jawaban:

Halo Eden.

Senang sekali mendapatkan email dari Anda, semoga kolom kita di detikcom ini bisa membantu dan menginspirasi.

Pengusaha memang umumnya tidak memiliki penghasilan tetap. Namun, sebenarnya pengusaha tidak berbeda dengan karyawan.

Dalam hal ini pengusahapun pasti memiliki pengeluaran yang bisa diperkirakan jumlahnya. Nah hal inilah yang saya sarankan Anda lakukan yaitu mengidentifikasi lagi pengeluran rutin yang Anda lakukan.

Selalulah mengedepankan kebutuhan jangan keinginan dan selalu pastikan pengeluaran tersebut memang benar-benar yang dibutuhkan.

Nah setelah ini bisa dilakukan, maka mudahlah semuanya. Anda tinggal mengatur agar setiap bulan pengeluaran tidak boleh lebih dari nilai yang telah dibuat.

Bila penghasilan Anda lebih, simpanlah kelebihan tersebut dan bila kurang, maka gunakanlah simpanan kelebihan tadi untuk memenuhi pengeluaran itu.

Jadi tiap bulan seharusnya pengeluaran kebutuhan tidak akan berbeda jauh, sehingga bila Anda memiliki kelebihan pendapatan, Anda bisa menabung dan investasi. Selain investasi, sebagai pengusaha Anda juga tidak lepas dari risiko.

Itulah kenapa miliki juga proteksi sebagai pelengkap. Saat ini sudah banyak sekali produk proteksi baik itu dari swasta dan bahkan ada yang dari Negara seperti BPJS.

Saran saya miliki proteksi ini sehingga bila risiko terjadi Anda tidak harus menguras tabungan yang sudah dibuat, yang mengakibatkan tabungan Anda jadi sia-sia.

Semoga menjawab ya Eden.

Salam

(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed