Konsultasi Perencanaan Keuangan

img_list
Koki Duit Rencana Keuangan untuk Hidup yang Lebih Baik
Follow detikFinance
Kamis 23 Feb 2017, 06:28 WIB

Punya Asuransi Jiwa dan Reksa Dana, Bisakah Pensiun Bahagia?

Eko Endarto - detikFinance
Punya Asuransi Jiwa dan Reksa Dana, Bisakah Pensiun Bahagia? Foto: Dok. Finansia Consulting
Jakarta - Pertanyaan: Hai, saya umur 25 tahun dan senang belajar tentang keuangan.

Selama bekerja 2 tahun di NGO, saya sudah punya dna simpanan deposito untuk 10 kali biaya hidup, asuransi jiwa (premi Rp 350 ribu/bulan), investasi reksa dana saham (Rp 15 juta). Saya ingin punya dana pensiun di hari tua nanti, apakah perencanaan keuangan saya sudah baik?

Terima kasih
Adi Dharma


Jawaban:
Halo juga Adi,

Perencanaaan pensiun memang penting, apalagi dimulai di saat masih cukup muda. wah itu sangat baik sekali sehingga hasilnya bisa sangat optimal.
pada dasarnya produk yang Anda miliki sudah cukup baik, ada dana cadangan 10 kali biaya hidup, reksa dana Rp 15 juta dan asuransi dengan premi Rp 350.000.

Hanya saja yang kurang adalah Anda belum menentukan akan seperti apa saat pensiun Anda kelak. Misalnya mau hidup dengan gaya hidup seperti apa kelak? Karena pada dasarnya persiapan pensiun adalah persiapan biaya hidup saat kita tidak lagi memiliki penghasilan. Untuk itu sebenarnya hal tadi harus Adi ketahui dulu.

jadi kesimpulan yang bisa saya sampaikan:
  1. Apakah keuangan Anda baik? Cukup baik karena memiliki dana cadangan, asuransi, dan investasi.
  2. Apakah aman saat pensiun ? Tidak bisa ditentukan karena Anda tidak memiliki target seperti apa pensiun Anda kelak. jadi kita tidak bisa berhitung apakah investasi Anda mencukupi atau tidak.
  3. Apakah sudah benar? Pada dasarnya sudah benar, karena ada produk investasi untuk melawan inflasi dan proteksi untuk melindungi risiko. plus ada dana likuid yang bisa Anda gunakan saat darurat.
Mungkin itu jawaban saya. Bila anda sudah mendapatkan angka pasti berapa nilai pensiun Anda kelak, enggak ada salahnya email kami kembali ya.

Salam (wdl/wdl)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed