Mahasiswa Ingin Investasi, Apa yang Cocok?

Eko Endarto - detikFinance
Sabtu, 24 Jun 2017 08:14 WIB
Foto: Dok. Finansia Consulting
Jakarta - Pertanyaan pembaca: Saya adalah seorang mahasiswa aktif. Kebetulan saya uang dengan nominal yang lumayan banyak, tapi tidak akan terpakai dalam waktu dekat ini. Adakah saran jenis investasi yang cocok untuk saya? Mengingat kesibukan saya sebagai mahasiswa dan saya kurang begitu paham masalah investasi.

Jawaban:
Investasi sangat berhubungan dengan waktu penggunaan dan target yang ingin dicapai dan juga risiko yang siap kita tanggung. jangka waktu biasanya terbagi menjadi 4 tenor waktu yaitu jangka pendek kurang atau sampai dengan 1 tahun, menengah sampai dengan 3 tahun dan panjang leboh dari 3 tahun dan sangat panjang lebih dari 5 tahun.

Nah, mengingat waktu yang dijelaskan tidak detil maka kita harus masuk ke target yang ingin dicapai, bila targetnya tinggi maka sebaiknya jangka waktu juga harus panjang karena jangka waktu bisa mengurangi kegagalan pencapaian target dan penentuan produk. begitu juga risiko, makin panjang waktu maka makin kecil risiko kita.

Nah, dengan syarat tidak dalam waktu pendek, saya asumsikan lebih dari 1 tahun maka masuk dalam jangka waktu menengah dan target yang bisa kita kejar hanya di atas deposito sebagai produk yang bisa memberi hasil rendah. Katakan 7-8% saat ini maka produk ORI atau obligasi mungkin bisa sebagai sarana. (wdl/wdl)