Konsultasi Perencanaan Keuangan

img_list
Koki Duit Rencana Keuangan untuk Hidup yang Lebih Baik
Follow detikFinance
Senin, 21 Mei 2018 03:55 WIB

Ingin Dapat Utang Tanpa Jaminan Harus Cari ke Mana?

Eko Endarto, Eko Endarto - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Pertanyaan dari pembaca: Saya Ahmad Ruslan, punya usaha yang membuat alat alat pertanian dan perkebunan, usaha saya sudah berjalan kurang lebih 5 tahun. Saya perlu pinjaman modal usaha dan saya tidak punya agunan. Tolong dibantu siapa yang bisa saya pinjami modal tersebut?

Jawaban:
Hallo Salam Kenal.

Kebutuhan modal kerja memang salah satu hal penting dalam bisnis. Selain besaran, pemilihan sumber menjadi penting karena adanya perhitungan bunga atau fee yang bisa mengurangi besarnya penghasilan yang kita peroleh.

Pada umumnya sumber pembiayaan memang membutuhkan adanya agunan. Namun saat ini beberapa tempat bisa menyediakan yang tanpa agunan. Untuk perbankan, Anda mungkin bisa mencoba KUR, memang prosedurnya mungkin cukup ketat karena tidak semua orang bisa meminta pembiayaan ini.

Namun apabila bisnis Anda bagus dan prospektif tidak menutup kemungkinan untuk itu.

Cara kedua bisa besaran bunga tidak masalah, perbankan juga memiliki KTA atau kredit tanpa agunan. Namun sekali lagi mohon perhitungkan bunga dan keuntungan Anda. kalau tidak bisa menutupi ya tidak disarankan untuk mengambil pinjaman.

Cara ketiga yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan jasa Financial technology. Sebagian dari fasilitas yang ditawarkan tidak mensyaratkan adanya agunan.

Namun sekali lagi mereka pasti akan butuh kelayakan bisnis yang Anda jalankan. Nah bila Anda yakin bisnis Anda memang prospektif dan Return on Investmennya layak untuk dibiayai maka tidak menutup kemungkinan pembiayaan bisa dilakukan.
(ang/dna)
Klik di sini untuk mengirimkan pertanyaan yang ingin dikonsultasikan dengan kami. Konsultasi seputar perencanaan keuangan, properti dan UKM.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed