Konsultasi Perencanaan Keuangan

img_list
Koki Duit Rencana Keuangan untuk Hidup yang Lebih Baik
Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 21 Agu 2018 07:19 WIB

Bagaimana Caranya Memulai Bisnis Tanpa Modal?

Eko Endarto - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Pertanyaan dari pembaca: Bagaimana memulai usaha tanpa modal tapi cukup untuk biaya kuliah saya dan biaya hidup juga. Terima kasih.

Jawaban:

Banyak cara memulai usaha, namun salah satu penelitian pernah mengungkapkan bahwa usaha yang dimulai dengan menjalankan hobi dan keahlian memiliki peluang untuk berjalan lebih besar.

Artinya ketika usaha tadi dijalankan dengan dasar dua hal tadi, biasanya lebih lama bisa bertahan. Nah bisnis perlu ketekunan dan konsistensi, sehingga makin nyaman kita dengan bisnis yang dijalani. Makin konsisten maka kemungkinan keberhasilan makin besar.

Tanpa modal, saya kira saat ini semua butuh modal walau tidak harus berupa uang. Saat ini modal aset yang dimiliki juga bisa digunakan sebagai sarana bisnis. Misalnya handphone (hp) yang dimiliki bisa digunakan sebagai sarana untuk menjadi broker pada bisnis properti atau kendaraan bekas.

Menjadi dropshipper juga contoh mudah menggunakan aset sebagai modal. hanya perlu daftar dan punya laptop atau hp bisnis sudah kita miliki.

Saat ini modal termahal adalah relasi bukan lagi uang. Banyak startup memulai bisnis dengan relasi dan kemudian modal datang untuk membantu pengembangan.

Facebook contoh mudah, banyak orang daftar, banyak digunakan kemudian modal datang untuk mengembangkan Facebook.

Jadi coba maksimalkan modal relasi kita dan aset kita. sebab uang tanpa dukungan modal lainnya akan sia-sia. Berapa banyak orang tertipu oleh bisnis bodong atau investasi bodong? Semua hanya mengandalkan uang sebagai modal. (ang/ang)
Klik di sini untuk mengirimkan pertanyaan yang ingin dikonsultasikan dengan kami. Konsultasi seputar perencanaan keuangan, properti dan UKM.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed