Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 04 Apr 2019 16:06 WIB

Ada 11.000 Lowongan Kerja Dibuka di Bekasi

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Dok. Kemnaker Foto: Dok. Kemnaker
Jakarta - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyelenggarakan Bursa Kerja Nasional ke-19 Tahun 2019 di Harris Convention Hall Summarecon Bekasi, Kamis-Jumat (4-5 April 2019).

Bursa kerja nasional bertema Face The Future With Confidence tersebut menyediakan 11.362 lowongan kerja meliputi 768 jabatan dari 130 perusahaan di berbagai sektor seperti manufaktur, ritel, pertambangan, perdagangan, human resources, otomotif, food & beverages dan start up.

Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk nyata komitmen pemerintah dalam upaya mengurangi angka pengangguran di Indonesia.

"Kegiatan ini merupakan komitmen nyata pemerintah dalam rangka mempercepat penurunan angka pengangguran di Indonesia," kata Hanif dalam keterangannya, Kamis (4/4/2019).


Hanif menambahkan, bursa kerja nasional ini sengaja diadakan di Kota Bekasi karena angka pengangguran di Bekasi tercatat masih tinggi, yaitu sebesar 9%. Angka tersebut lebih tinggi daripada angka pengangguran nasional 5,34%.

"Ini tentunya menjadi pekerjaan rumah besar bagi Pemerintah Kota Bekasi bahwa angka pengangguran mereka masih di atas angka pengangguran secara nasional," ujar Hanif.

Hanif berharap bursa kerja nasional ini bisa menyerap banyak tenaga kerja di Kota Bekasi. Apalagi, bursa kerja ini juga menyediakan lowongan untuk disabilitas.

"Bursa Kerja Nasional ini juga menyediakan lowongan pekerjaan untuk difabel dalam rangka memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh pencari kerja di Indonesia. Dan saya berharap dalam kegiatan ini akan menyerap tenaga kerja baru secara masif," ungkap Hanif.

Lebih lanjut Hanif mengatakan, penyelenggaraan bursa kerja seharusnya tidak hanya menyediakan lapangan kerja, tapi juga bisa memfasilitasi orang untuk berkonsultasi dan membangun kolaborasi dengan perusahaan pemberi kerja.

"Saya ingin bursa kerja yang kita buat kuat, tidak hanya yang datang mereka yang pengangguran, melainkan job fair ini nantinya bisa mempertemukan pencari kerja dengan pemberi kerja, sekaligus mereka para wirausahawan baru yang membutuhkan partner dalam mengembangkan usahanya," kata Hanif.


Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Bekasi, Sudirman, mengatakan penyelenggaraan bursa kerja ini sejalan dengan visi dan misi yang akan dicapai Kota Bekasi di bidang ketenagakerjaan.

"Kegiatan ini sejalan dengan pencanangan misi pembukaan peluang 150.000 tenaga kerja baru melalui peningkatan kompetensi, pengembangan usaha baru, dan penyelenggaraan bursa tenaga kerja," ujar Sudirman. (ara/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed