Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 28 Nov 2019 21:15 WIB

Catat! Ini Syarat Masuk STAN

Sudiarto Putra - detikFinance
Cara masuk STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara). Foto: detik Cara masuk STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara). Foto: detik
Jakarta - STAN (Sekolah Tinggi Akutansi Negara) merupakan salah satu sekolah tinggi kedinasan yang sangat populer di Indonesia. Sekolah ini menjadi primadona bagi para siswa lulusan SMA untuk meneruskan pendidikannya.

Sekolah tinggi STAN merupakan sekolah tinggi unggulan bagi para mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik yang sangat tinggi di bidang perpajakan dan keuangan.


Setiap tahunnya ada ribuan pelamar yang mengikuti tes masuk STAN. Bagi Anda yang ingin mengikuti tes dan ingin masuk perguruan tinggi STAN, simak informasi syarat masuk STAN berikut ini:

Pendaftaran Registrasi Online, berikut jalur pendaftarannya:

· Registrasi di portal BKN, sscasn.bkn.go.id

· Pengisian formulir di website spmb.pknstan.ac.id

· Kunci data catat kode MVA (mandiri virtual account, nomer rekening tujuan pembayaran)

· Melakukan Pembayaran melalui Bank Mandiri

· Cetak kartu ujian dengan mengakses portal sscasn.bkn.go.id

Peserta hanya diperbolehkan mendaftar pada satu sekolah kedinasan pada Kementerian/Lembaga. Apabila pelamar diketahui mendaftar lebih dari satu sekolah kedinasan pada Kementerian/Lembaga, maka yang bersangkutan akan dinyatakan gugur. Pastikan kembali kamu hanya mendaftar di salah satu dari 8 sekolah Kedinasan.

8. Menyetor biaya pendaftaran sebesar Rp 300.000,00 (tiga ratus ribu rupiah). Biaya tersebut sudah termasuk untuk biaya pelaksanaan seleksi kemampuan dasar dan sudah diatur oleh Pemerintah Nomor 63 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Badan Kepegawaian Negara.


9. Pendaftar tidak pernah dinyatakan lulus pada pengumuman SPMB PKN STAN pada tahun-tahun sebelumnya

Apa saja dokumen yang harus Anda siapkan untuk mendaftar di portal sscasn.bkn.go.id, berikut penjelasan di bawah ini:

· Kartu Identitas, yaitu KTP, Kartu Keluarga (KK), Surat Keterangan Pengganti KTP

· Pas Foto, foto menggunakan latar belakang merah, menggunakan kemeja putih polos, untuk perempuan yang berjilbab menggunakan jilbab putih polos

· Ijazah/Rapor, bagi calon lulusan 2019 menggunakan ijazah sebelumnya. Bagi calon lulusan 2020, sementara menggunakan nilai rapor semester 1 s.d. 5

· Bagi yang mendaftar Program Afirmasi, harus menyiapkan dokumen tambahan berupa KTP orang tua, ijazah SD dan SMP, akta kelahiran, dan kartu keluarga (KK)

Jika dokumen yang diperlukan sudah lengkap, Anda bisa melakukan pengisian data formulir. Berikut cara pengisian formulir portal PKN STAN.

1. Registrasi di portal BKN, dengan mendaftarkan akun kemudian mengisi formulir pendaftaran.

2. Pengisian Formulir, mengisi data kesehatan, pilihan spesialis, menyimpan data, mengunci data, dan mendapatkan kode billing berupa Mandiri Virtual Account (MVA)

3. Melakukan pembayaran dan mengecek status pembayaran

4. Mencetak kartu ujian

Nah, itukah tahapan cara dan syarat yang harus kalian persiapkan untuk bisa masuk PKN STAN. Tentu menjadi hal yang tidak mudah untuk bisa masuk ke PKN STAN, persiapkan diri Anda untuk bisa lolos dalam tahap seleksi yang akan kalian ikuti.








Simak Video "Tips Anti Kalap Hadapi Promo 12.12 Harbolnas"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com