Mau Kerja di Luar Negeri? Kemlu Buka Lowongan Nih

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 30 Jul 2020 16:42 WIB
Gedung Pancasila di Kementrian Luar Negeri (Kemlu)
Gedung Pancasila Kemlu/Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) membuka kesempatan bagi warga negara Indonesia (WNI) untuk menjadi pegawai setempat di Perwakilan Republik Indonesia di luar negeri.

Mengutip pengumuman Kemlu Republik Indonesia No. 00052/KP/07/2020/24 penerimaan ini terbuka untuk warga negara yang memenuhi syarat untuk periode II TA 2020.

"Proses seleksi Penerimaan Calon Pegawai Setempat terdiri dari beberapa tahap di antaranya seleksi administrasi, ujian tulis substansi dan bahasa asing, ujian wawancara, ujian psikologi dan wawancara dengan end user atau Perwakilan RI," tulis pengumuman tersebut dikutip, Kamis (30/7/2020).

Pegawai setempat yang akan terpilih akan ditugaskan pada beberapa fungsi yang ada di Perwakilan RI di luar negeri di antaranya fungsi Politik, Fungsi Ekonomi, Fungsi Protokol dan Konsuler. Kemudian Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya, serta Fungsi Administrasi.

Syarat umum pelamar antara lain :

* Warga Negara Indonesia (WNI)
* Berusia serendah-rendahnya 22 tahun 0 bulan 0 hari dan maksimum 45 tahun 0 bulan 0 hari pada 1 September 2020.
* Setia dan taat kepada Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Negara Kesatuan dan Pemerintah Republik Indonesia.
* Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit TNI, atau anggota Kepolisian Negara RI atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai setempat dan pegawai swasta.
* Tidak sedang berkedudukan sebagai calon PNS dan PNS.
* Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.
* Memiliki latar belakang pendidikan sesuai dengan persyaratan.
* Calon pelamar juga harus memiliki keahlian dan keterampilan untuk bidang tugas yang diperlukan.
* Menguasai Bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya secara memadai.
* Sehat jasmani dan rohani, serta bebas narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya yang dinyatakan dengan surat keterangan dokter.
* Berkelakuan baik dan tidak pernah terlibat tindak pidana, baik di wilayah Republik Indonesia maupun di negara lain yang dinyatakan dengan surat keterangan dari pejabat berwenang.
* Lulus Seleksi.

Untuk persyaratan administrasi pelamar memiliki ijazah minimal D-3 dengan jurusan atau bidang Hubungan Internasional, Politik, Administrasi, Kajian Wilayah, Komunikasi, Sastra, Hukum, Ekonomi, Studi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi, Bisnis, Keuangan, Pariwisata, Kesenian, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Komputer, Teknik Elektro dan Sekretaris.

Surat lamaran ditujukan ke Kepala Biro SDM, Kemlu. CV dan dokumen pendukung dapat dikirimkan ke email rekrutmencps.sdm@kemlu.go.id. Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi p3k.sdm@kemlu.go.id. Pendaftaran dibuka dari tanggal 1-31 Agustus 2020.



Simak Video "Pria Cilegon Tipu Puluhan Korban dengan Iming-iming Pekerjaan"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/ara)