Dear Fresh Graduate, Baca Tips Ini Biar Mulus Cari Kerja!

Tim detikcom - detikFinance
Selasa, 18 Agu 2020 20:00 WIB
lowongan kerja
Foto: shutterstock: ilustrasi lowongan kerja
Jakarta -

Pandemi virus Corona atau COVID-19 menjadi tantangan bagi para pencari kerja, termasuk bagi para fresh graduate. Sebab pandemi membuat tak sedikit perusahaan yang melakukan perampingan pegawai dan mengurangi perekrutan pegawai.

Director Coorporate Affairs Microsoft Indonesia, Ajar Edi membagikan tips untuk para fresh graduate mengatasi kondisi tersebut. Menurutnya, yang salah satu yang bisa dipersiapkan yakni memperkuat brand dan profil digital pribadi.

"Maksimalkan brand dan profil digital, buat profil yang bagus," ujar Ajar dalam talkshow Sinergi UGM dan KAGAMA kepada para calon wisudawan periode Agustus 2020 secara daring, Selasa (18/8/2020).

Berikutnya, lanjut Ajar, para pencari kerja seharusnya mencari insight dan tren yang tengah berkembang serta memperkuat soft skill. Menurutnya, dengan langkah-langkah tersebut dapat membuka kesempatan yang semakin besar bagi para pencari kerja untuk dilirik perusahaan.

Dalam kesempatan itu, alumnus Fakultas Filsafat UGM ini juga meminta calon wisudawan UGM untuk bisa menjadi pribadi yang otentik yakni tahu tujuan hidup dan bertanggung jawab. Selain itu dia juga menyarankan para fresh graduate menjadi pribadi yang bertumbuh dan berpikiran terbuka. Dengan menjadi pribadi otentik dan pribadi bertumbuh, lanjutnya, diharapkan bisa menjadi pribadi yang berintegritas.

"Sebenarnya apa hubungan berkarir dengan pribadi otentik dan bertumbuh? Sebab, perusahaan global itu mencari orang terbaik, sesuai dan selaras dengan value, budaya dan misi perusahaan," terangnya.

Dia juga menyampaikan perlu membangun jejaring yang baik untuk mendukung kesuksesan karier di masa mendatang. Dalam membangun jejaring dia menyarankan tetap dilakukan secara profesional dan menghormati stakeholder serta berlaku sopan.

Langsung klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Gibran-Teguh Siapkan Blusukan dan Konser Online"
[Gambas:Video 20detik]