Siap-siap! Bakal Ada Tes Jadi PPPK Buat Guru Honorer di 2021

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 17 Nov 2020 16:30 WIB
Seorang guru sekolah dasar mengajar pelajaran agama di rumah muridnya di Kelurahan Pesantren, Kota Kediri, Jawa Timur, Selasa (15/9/2020). Pembelajaran kelompok kecil di rumah siswa sekali dalam sebulan tersebut sebagai evaluasi penguasan materi pelajaran sekaligus upaya penyegaran agar siswa tidak bosan mengikuti pembelajaran jarak jauh.
Foto: ANTARA FOTO/Syaiful Arif
Jakarta -

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menyatakan di tahun 2021, pihaknya akan menyiapkan proses tes untuk guru honorer menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK).

Dia menegaskan semua guru honorer yang mau meningkatkan kesejahteraannya menjadi PPPK bisa mengikuti program tes yang akan dilakukan secara online.

"Ditunggu 2021, kita akan menyediakan proses seleksi di mana semua guru honorer bisa menunjukkan kelayakannya melalui tes online. Apakah mereka bisa jadi guru PPPK dengan tingkat kesejahteraan yang didukung pemerintah pusat dari anggarannya," kata Nadiem dalam konferensi pers virtual, Selasa (17/11/2020).

Nadiem menyebutkan guru honorer punya kesempatan yang adil untuk bisa mengikuti tes kelulusan menjadi PPPK.

"Guru honorer serentak semuanya bisa ikut tes kelulusan PPPK untuk mendapatkan kesempatan adil untuk membuktikan kelayakan mereka menjadi ASN," tegas Nadiem.

Dia mengatakan hal ini menjadi langkah nyata untuk membantu guru non PNS dan membantu guru honorer untuk meningkatkan kesejahteraannya.

"Ini langkah nyata untuk guru non PNS dan akan ke depannya jadi strategi untuk merangkul guru honorer berikan partisipasi mereka untuk tingkatkan kesejahteraannya," ujar Nadiem.

(fdl/fdl)