Seleksi STAN Pakai UTBK, Cek di Sini Penjelasannya

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 26 Jan 2021 20:50 WIB
Ratusan Mahasiswa STAN Hadiri Kuliah Umum Dirjen Pajak
Ilustrasi: mahasiswa STAN/Foto: Fadhly Fauzi Rachman
Jakarta -

Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) tahun 2021 akan menggunakan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2021. Ini dilaksanakan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir dampak pandemi COVID-19. Demikian bunyi keterangan tertulis Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Selasa (26/1/2021).

"Oleh karena itu, para peserta yang berminat untuk mengikuti SPMB PKN STAN tahun 2021 diminta agar dapat mengikuti UTBK tahun 2021," bunyi keterangan tersebut.

Nilai UTBK yang akan dipakai adalah dari materi ujian tes potensi skolastik (TPS) untuk semua kelompok ujian yaitu sains dan teknologi (Saintek), sosial humaniora (Soshum), ataupun campuran (saintek dan soshum).

Walaupun salah satu syarat administratif pada SPMB PKN STAN tahun 2021 telah diputuskan akan menggunakan nilai UTBK, namun pengumuman resmi SPMB PKN STAN tahun 2021 baru akan diterbitkan bersamaan dengan pengumuman pendaftaran dan seleksi sekolah kedinasan tahun 2021 yang akan dikeluarkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB).

"Pengumuman resmi dapat diakses melalui website Kementerian Keuangan, www.kemenkeu.go.id," bunyi keterangan ini lebih lanjut.

(acd/hns)