Mau Jadi Tentara? Simak Info Lowongan Kerja di TNI AU Berikut Ini

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Selasa, 08 Feb 2022 11:12 WIB
Pasukan TNI AL unjuk gigi dalam peresmian Komando Armada Republik Indonesia (Koarmada RI). Sejumlah alutsista juga ditampilkan dalam peresmian Koarmada RI.
Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Bagi kamu yang ingin bergabung menjadi prajurit TNI AU, jangan sampai kelewatan informasi lowongan kerja yang satu ini ya. Sebab saat ini Kesatuan Angkatan Udara sedang membuka pendaftaran untuk Bintara PK TNI AU Gelombang I Tahun 2022.

Melansir dari situs rekrutmen TNI AU, pendaftaran calon bintara PK tahun ini dibuka untuk pria lulusan SMA/SMK sederajat. Adapun pendaftaran calon Bintara PK TNI AU ini sudah dibuka sejak 15 Januari 2022 lalu dan akan ditutup pada 28 Februari mendatang.

"Telah Dibuka ! Pendaftaran Bintara PK Pria TNI AU TA 2022 Gelombang I, Segera daftarkan diri Anda, Negara dan Bangsa Menunggu Darma Baktimu. Selama Proses Penerimaan tidak dipungut biaya!" tulis kesatuan AU dalam situsnya.

Berikut Persyaratan Umum Calon Bintara PK TNI AU:

1. Warga Negara Indonesia.
2. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
3. Setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara RI tahun 1945.
4. Berusia paling rendah 17 tahun 9 bulan dan paling tinggi 22 tahun pada saat pembukaan pendidikan.
5. Tidak memiliki catatan kriminal yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia.
6. Sehat jasmani dan rohani.
7. Tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

Berikut Persyaratan Khusus Calon Bintara PK TNI AU

1. Bintara PK pria: Berijazah SMA/MA IPA, SMK Bidang Teknologi dan Rekayasa (kecuali Teknik Perkapalan, Teknologi Tekstil, Teknik Grafika, Geologi Pertambangan, Instrumentasi Industri, Pelayaran), Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, Bidang Kesehatan (kecuali Perawatan Sosial, Farmasi, dan farmasi Industri), Bidang Bisnis dan Manajemen (kecuali Keahlian Tata Niaga) dengan syarat melengkapi ijazah SD, SLTP, SMA/MA/SMK, SKHUN asli serta fotokopi yang telah dilegalisasi dan buku rapor asli SMA/MA/SMK.

2. Bintara PK wanita: Diprioritaskan berpenampilan menarik berijazah SMA/MA IPA/IPS, SMK Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, Bidang Kesehatan (kecuali Perawatan Sosial, Farmasi, dan Farmasi Industri), dan Bidang Bisnis Manajemen khusus keahlian Administrasi perkantoran dengan syarat melengkapi ijazah SD, SLTP, SMA/MA/SMK, SKHUN asli serta fotokopi yang telah dilegalisasi dan buku rapor asli SMA/MA/SMK.

3. Minimal tinggi badan bagi pria 163 cm dan bagi wanita 157 cm dengan berat badan seimbang/ideal menurut ketentuan yang berlaku.

4. Bersedia menandatangani surat perjanjian ikatan dinas pertama keprajuritan selama 7 tahun (bermeterai).

5. Untuk SLTA/SMA/MA lulusan tahun 2020 tidak melampirkan SKHUN.

Pendaftaran calon bintara PK TNI AU dapat dilakukan di 28 titik lokasi yang sudah ditentukan. Untuk informasi selengkapnya tentang pendaftaran calon bintara PK TNI AU TA 2022, calon pendaftar bisa melihat di https://diajurit.tni-au.mil.id/

(fdl/fdl)