CONTINUE TO SITE >

Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 19 Apr 2018 13:04 WIB

Gaji Masinis KAI Sekarang Gede Lho, Tebak Berapa Sebulan?

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) kerap membuka lowongan pekerjaan sebagai masinis kereta api hampir setiap tahunnya. Lowongan itu pun banyak menjadi perhatian para pencari kerja.

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengatakan pekerjaan menjadi masinis memang cukup diminati banyak orang. Hal itu tak terlepas dari pandangan KAI sebagai perusahaan BUMN.

Selain itu, Edi mengatakan bahwa pekerjaan sebagai masinis pun memiliki nilai tambah dengan ukuran penghasilan yang cukup tinggi. Penghasilan yang diterima seorang masinis bisa mencapai Rp 12 juta/bulan.

"Ini kita bicara take home pay ya, bukan gaji ya. Itu sudah cukup tinggi. Ini masinis bawa pulang 12 juta, ada," kata Edi saat berkunjung ke markas detikcom di Jakarta, Rabu (18/4/2018).

Dia bilang, kesejahteraan masinis saat ini memang terus meningkat. Namun, penghasilan yang tinggi itu juga diimbangi dengan tanggung jawab yang besar karena bertugas sebagai sopir kereta yang membawa banyak penumpang.

Dalam prosesnya, tambah Edi, KAI juga memberikan sejumlah pelatihan serta pendidikan kepada para calon masinis. Ada sejumlah tahapan yang perlu dilalui untuk bisa benar-benar diangkat menjadi seorang masinis.


"Pendidikan masinis itu kira-kira dua tahun, itu masinis muda. Belum dia menjadi masinisnya, baru asistennya. Itu kurang lebih asisten itu 6 bulan sampai 1 tahun baru dia akan jadi masinis, itu pun harus bersertifikat dari dirjen kereta. Itu tatanannya," kata dia.

Setelah menjadi seorang masinis pun, ada sejumlah peraturan ketat yang harus diikuti sebelum bisa mengemudikan kereta. Mulai dari pengecekan surat jalan, hingga melakukan cek kesehatan.

"Sebelum dia bekerja, dia harus lapor dulu, dapat surat jalan, cek kesehatan, alkohol dan sebagainya, pada waktu dia tidak layak dia tidak bisa, apalagi mabuk. Itu nggak bisa. Dan tidak boleh bawa HP selama bertugas," tuturnya.


Bagaimana persiapan PT KAI sendiri dalam menghadapi musim mudik 2018?

(fdl/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed