Pelamar Bursa Kerja di Gedung Smesco Minta Gaji di Atas UMR

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Jumat, 06 Jul 2018 13:46 WIB
Foto: Selfie Miftahul Jannah/detikFinance
Jakarta - Ribuan para pemburu kerja di Mega Career Expo 2018 memadati Gedung Smesco, Jakarta Selatan. Gelaran job fair ini baru dibuka hari pertama yang berlangsung dari tanggal 6 - 7 Juli.

Dari ribuan pelamar, rata rata menginginkan gaji Upah Minimum Regional (UMR) Jakarta yaitu Rp 3.648.035. Seperti salah satu pelamar Elly, ia mengaku sudah menyebar lamaran ke beberapa bank dan juga perusahaan yang menawarkan lowongan Sales Promotional Girl (SPG). Elly yang saat ini baru masuk kuliah semester 2 jurusan manajemen di BSI mengaku ingin kuliah sambil kerja untuk memenuhi kebutuhan.

"Ini lagi nyari lowongan buat SPG, gajinya ingin Rp 4 jutaan lah UMR," kata dia di gedung Smesco, Jumat (6/7/2018).


Ia mengaku tadi menyebar enam lamaran. Ia membawa ijazah SMA dan beberapa dokumen lain. Ia berencana akan beralih ke kelas karyawan jika sudah mendapat pekerjaan.

"Kalau dapat nanti bisa ambil kelas karyawan," kata dia

Hal serupa juga diinginkan Debby yang mengincar gaji UMR. Debby yang juga lulusan SMA ini mengaku mencari lowongan sebagai SPG.

"Tadi cuma masih nomor telepon, CV sama fotokopi ijazah sih, yang penting gajinya UMR," kata dia.



Hal serupa juga dikatakan salah atau pencari kerja lain yaitu Nevvi Wibella. Nevvi yang merupakan lulusan S2 IPB mengaku mencari kerja di bidang pangan dan mengincar gaji Rp 5 juta.

"Ya sekitar Rp 5 juta lah ya. Soalnya kan biaya hidupnya aja udah berapa," kata dia.

Sementara itu ada pula Eliza Dina yang mengincar pekerjaan sebagai staf HRD dan akunting.

"Udah pernah kerja juga 4 tahun di pabrik jadi staf akunting, sekarang cari lagi yang penting dapet dulu UMR juga nggak apa apa," kata dia.

Untuk masuk ke Job Fair ini peserta tidak dikenakan biaya sepeserpun alias gratis. Sebelum masuk, para peserta diberikan selebaran berupa kertas untuk mengisi identitas, seperti nama, alamat, nomor KTP. Di Job Fair ini peserta hanya harus membawa beberapa berkas seperti CV, Transkrip Nilai, Ijazah terakhir, Foto, Fotokopi KTP. (zlf/zlf)