Ini 3 Kementerian Paling Diburu Pelamar CPNS

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 19 Sep 2018 13:45 WIB
Foto: Andhika Akbaransyah
Jakarta - Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyampaikan ada tiga kementerian yang paling diincar oleh pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Berdasarkan pengalaman pendaftaran CPNS tahun sebelumnya, Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN Mohammad Ridwan mengatakan, yang paling favorit adalah Kementerian Keuangan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), serta Kementerian Luar Negeri (Kemenlu).

"Tahun lalu, pasti Kementerian Keuangan, Kementerian PU, Kementerian Luar Negeri. Itu yang paling banyak," katanya dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta Timur, Rabu (19/9/2018).

Menurutnya, alasan pelamar CPNS banyak yang mengincar tiga kementerian tersebut dengan mempertimbangkan faktor tunjangan. Pasalnya masing-masing kementerian memberikan tunjangan yang berbeda, sehingga jika ditotal gaji ketiga kementerian itu lebih besar.


"Kemungkinan tunjangan kinerja yang berbeda. (Gaji paling besar) Kementerian Keuangan nomor satu. Kedua Kemenlu karena suatu saat digaji dengan dolar," sebutnya.

Sementara itu, instansi pemerintah Badan Intelijen Negara (BIN) tidak terlalu banyak dipilih oleh pelamar. Menurutnya itu karena pelamar sudah tidak percaya diri duluan.

"Sementara ada yang lain malah kurang, yang sangat spesifik itu S2 di STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara) yang berada di bawah BIN karena persepsinya menakutkan, padahal itu bisa," tambahnya.




Saksikan juga video 'Warga Membeludak Urus SKCK di Polres Jaktim, Antrean Mengular':

[Gambas:Video 20detik]

(fdl/fdl)