ADVERTISEMENT
Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 08 Okt 2018 12:23 WIB

Begini Kendala Rekrutmen CPNS di Daerah Terdampak Bencana Palu

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Pradita Utama Foto: Pradita Utama
Jakarta - Badan Kepegawaian Negara (BKN) mencatat ada 5 titik terdampak gempa bumi dan tsunami Palu. Hal itu membuat waktu pelaksanaan rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) di daerah tersebut terpaksa mundur.

Lima wilayah yang dimaksud adalah Provinsi Palu, Kota Palu, Kabupaten Parigi Muotong, Kabupaten Sigi, dan Kabupaten Donggala. Bagaimana kondisinya?

Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN Mohammad Ridwan menyampaikan, salah satu yang jadi kendala adalah listrik dan persinyalan telekomunikasi belum pulih 100%.

"Listrik kan baru 85%, kemudian BTS (Base Transceiver Station) juga belum semuanya (pulih)," katanya kepada detikFinance, Senin (8/10/2018).

Kondisi tersebut membuat proses pendaftaran CPNS yang dilaksanakan secara online tidak bisa dilakukan dengan optimal.

"Artinya dari sisi pendaftaran online teman teman di Sulteng kan tidak punya kesempatan yang sama dengan yang lain lain," sebutnya.


Ketersedihan perangkat komputer di sana pasca gempa-tsunami juga belum memadai, dan lagi gedung-gedung banyak yang rusak. Sementara fasilitas tersebut dibutuhkan dalam proses seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB).

Proses SKD dan SKB saat ini dilakukan secara elektronik, yakni dengan Computer Assisted Test (CAT).

"Dari sisi SKD dan SKB nanti kalau dilakukan dengan sistem komputer kan gedung-gedung masih rusak semua di situ. Kita masih belum tahu nanti akan bagaimana," tambahnya.






Tonton juga 'Tangis Relawan PMI Bertemu Orang Tua yang jadi Korban Gempa':

[Gambas:Video 20detik]

(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com