Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 09 Okt 2018 12:27 WIB

Kapan Ujian Seleksi CPNS 2018 Dimulai?

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Badan Kepegawaian Negara (BKN) saat ini masih menyusun jadwal pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) sebagai tahapan rekrutmen CPNS. Penjadwalan tersebut dilakukan bersama instansi terkait yang membuka lowongan CPNS.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN Mohammad Ridwan belum bisa memastikan kapan seleksi tersebut akan dilaksanakan. Namun yang pasti, untuk ujian SKD dilakukan beberapa hari pasca pengumuman hasil seleksi administrasi pada 18 Oktober.

"Setelah itu tunggu pengumuman lebih lanjut dari masing-masing instansi karena BKN berserta instansi masih menjadwalkan kapan SKD kapan SKB," katanya kepada detikFinance, Selasa (9/10/2018).

Lanjut dia, masing-masing instansi tidak serentak di tanggal yang sama dalam memulai pelaksanaan tes SKD.


"Nggak mungkin karena satu instansi saja pasti ada 5-6 hari kok. Jadi itu sistem antrean saja yang menyebabkan perbedaan itu," paparnya.

Meski begitu, pelaksanaan SKD tetap dilaksanakan di rentang waktu satu minggu yang sama, cuma tanggalnya saja yang berbeda-beda.

"Tapi jadwal instansi mungkin 1, 2, 3 hari ke belakang atau maju lagi dan sebagainya. Dilihat saja nanti," sebutnya.


Terlepas dari itu, agar tidak ketinggalan informasi pelaksanaan SKD, peserta diimbau mengikuti akun media sosial instansi yang bersangkutan.

"Untuk teman teman yang milih kementerian atau lembaga diikuti saja media sosial di instansi tersebut atau media sosial instansi kami (BKN). Jadi kalau ada notifikasi apa apa teman teman bisa tahu, dan melihat web instansi secara reguler," tambahnya.




Tonton juga 'Guru dan Tenaga Kesehatan Prioritas Utama Rekrutmen CPNS':

[Gambas:Video 20detik]

(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com