Pertama Kali! Kemenkumham Jadi Favorit Pelamar CPNS 2018

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 09 Okt 2018 14:00 WIB
Foto: Ardian Fanani
Jakarta - Badan Kepegawaian Negara (BKN) mencatat Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) menjadi instansi terfavorit pada rekrutmen CPNS 2018. Sejauh ini, sudah ada 336.736 orang yang melamar ke instansi tersebut.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN Mohammad Ridwan menyebut Kemenkumham menjadi instansi paling diburu sebagai fenomena baru. Pasalnya Kementerian Keuangan dan Kementerian Luar Negeri yang sebelumnya diprediksi paling diincar pelamar CPNS.

Dia menduga kondisi tersebut terjadi karena banyak lulusan D3 atau yang sedang menempuh jenjang S1 mencoba melamar ke instansi tersebut dengan gelar SMA. Kemenkumham sendiri membuka lowongan untuk 2.000 orang, 878 di antaranya untuk lulusan SMA.


"Ternyata begini, fenomena baru nih. Saya menduga banyak yang sudah D3 atau sedang S1 misalnya semester 4-5, tapi dia milih masuk di SMA dengan formasi sipir penjara," katanya kepada detikFinance, Selasa (9/10/2018).

Dapat disimpulkan jumlah pelamar CPNS di Kemenkumham tak sebanding dengan lowongan yang disediakan.

"Itu yang sangat crowded karena kalau yang saya tahu di Jawa Barat saja itu butuhnya kalau nggak salah cuma 11 orang tapi yang daftar sudah lebih," sebutnya.


Setelah Kemenkumham, di urutan kedua ada Kementerian Agama dengan 168.538 pelamar, Kejaksaan Agung 36.918 pelamar, Kementerian Ristekdikti 32.252 pelamar, Kementerian Perhubungan 27.651 pelamar.

Sebelumnya, Ridwan mengatakan yang paling favorit adalah Kementerian Keuangan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), serta Kementerian Luar Negeri.

"Tahun lalu, pasti Kementerian Keuangan, Kementerian PU, Kementerian Luar Negeri. Itu yang paling banyak," katanya dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta Timur, Rabu (19/9/2018).



Simak video MenPAN RB Kupas Tuntas Soal Tenaga Honorer

[Gambas:Video 20detik]

(zlf/zlf)