Jangan Coba-coba Ujian CPNS Pakai Joki

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 30 Okt 2018 07:20 WIB
Jangan Coba-coba Ujian CPNS Pakai Joki
Ilustrasi Tes CPNS. Foto: Pradita Utama

Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN Mohammad Ridwan mengatakan pengamanan ujian dilakukan 2 lapis, yakni di ring 1 dan ring 2. Ring 2 adalah tempat berlangsungnya pengecekan identitas peserta ujian. Selanjutnya, ring 1 adalah tempat berlangsungnya ujian.

"Begitu ring 2, registrasi kemudian ID verifikasi dan sebagainya, itu sudah kita lakukan standar standar seperti Kemenkumham terhadap pengunjung lapas diperiksa pakai metal detektor. Kemudian yang nggak kalah pentingnya pemeriksaan KTP, kita lihat kesamaannya," katanya kepada detikFinance, Jakarta, Senin (29/10/2018).

Ridwan memastikan kecurangan oleh joki 100% ketahuan saat pemeriksaan di ring 2. Dengan kata lain mereka tidak punya kesempatan untuk ikut ujian. Kalau pun mereka ada yang lolos, di ring 1 juga dilakukan pemeriksaan.

"Alhamdulillah 100% ketangkap di ring kedua itu. Ring 1 kan tempat berlangsungnya SKD. Kalau pun ada yang mau curang di ring 1 kayak keluar ke toilet terus masuk lagi itu satpam kita merogoh rogoh lagi," jelasnya.

Dia pun memastikan saat peserta ujian izin meninggalkan ruangan sebentar tidak akan bisa bertukar posisi dengan joki.

"Nggak bisa karena dia juga ketika keluar ID-nya itu dimasukkan kantong. Jadi dia akan ketahuan, kita lakukan screening lagi," tambahnya.

(ang/ang)