Ujian CPNS Sedikit yang Lulus, Benar karena Soalnya Susah?

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Minggu, 11 Nov 2018 08:27 WIB
Ujian CPNS Sedikit yang Lulus, Benar karena Soalnya Susah?
Foto: Pradita Utama

Berdasarkan keterangan salah seorang peserta CPNS yang enggan disebutkan namanya, memang diakui bahwa bentuk soal dalam SKD khususnya dalam Tes Karakteristik Pribadi (TKP) yang berjumlah 35 soal cukup mengecoh.

"Iya memang membingungkan. Karena pilihan jawabannya mirip di TKP," jelas peserta tersebut.

Dia mengatakan, bahwa jawaban dari soal yang diberikan dalam TKP seperti tak memiliki acuan pasti. Hal itulah yang membuat banyak peserta jadi kebingungan dalam memilih jawaban.

"Jadi kaya nggak tahu mana jawaban yang paling benar. Jadi kita cuma menerka jawaban yang paling baik. Jadi rasanya yang tahu jawaban paling benar ya cuma pembuat soal," jelasnya.

Si peserta itu pun memberikan gambaran umum seperti apa soal yang ada dalam sesi TKP tersebut. Sebagai contoh gambaran pertanyaan mengecoh: Anda menduduki jabatan humas salah satu Rumah Sakit (RS), kemudian Anda mendapatkan keluhan dari salah satu keluarga pasien mengenai penanganan yang kurang baik. Apa yang akan Anda lakukan?

Kemudian pilihan jawaban pertama ialah mencatat keluhan dan menanganinya sendiri, kedua mencatat keluhan dan melaporkan ke atasan, ketiga mencatat keluhan dan menyampaikannya dalam rapat divisi humas, keempat mencatat keluhan dan tidak melakukan apa-apa, dan kelima tidak mempedulikannya.

Setiap pilihan jawaban tersebut memiliki nilai yang berbeda. Nilai tertinggi mendapatkan 5 poin dan paling rendah 1 poin. Artinya bila ada 35 soal dengan gambaran serupa, maka peserta harus mendapat jawaban nilai 5 poin sebanyak 29 soal untuk bisa lulus passing grade 143.