Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 09 Mar 2019 13:20 WIB

Catat, Ini Tahapan Seleksi Lowongan Kerja 'Spesial' BUMN

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Ardan Adhi Chandra Foto: Ardan Adhi Chandra
Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) resmi membuka 11.000 lowongan pekerjaan melalui situs resminya. Lantas, bagaimana seleksi lowongan pekerjaan tersebut?

Menurut Sekretaris Kementerian BUMN Imam Apriyanto Putro ada tiga seleksi pada lowongan pekerjaan tersebut. Pertama adalah tes seleksi administrasi. Pada bagian ini, calon pelamar mesti melengkapi dokumen yang diperlukan untuk lolos ke tahap selanjutnya.

"Ada seleksi administrasinya. Kalau lolos seleksi administrasi baru test tahap berikutnya," kata dia kepada detikFinance, Sabtu (9/3/2019).

Selain kelengkapan dokumen, calon pelamar juga mesti mengikuti tes value. Kemudian, tahapan selanjutnya calon pelamar mengikuti ujian tes kemampuan dasar (TKD) serta memilih tiga posisi program, apakah umum, reguler, atau disabilitas.



Dalam seleksi tahap dua, dijelaskan tes akan dilakukan secara online dengan materi ujian meliputi, numerical, verbal, dan spatial. Tahapan terakhir adalah seleksi di masing-masing BUMN pilihan.

"Ketiga, seleksi di masing-masing BUMN, tahapan tes sesuai dengan kebijakan masing-masing perusahaan,"bunyi informasi dari data Kementerian BUMN.

Sementara itu, dibukanya 11.000 lowongan pekerjaan oleh BUMN merupakan rangkaian dari Hari Ulang Tahun (HUT) Kementerian BUMN ke-21 tahun. Rencananya, beberapa perayaan lainnya juga akan berlangsung dari Maret hingga April mendatang.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed